Tips Jitu Menghafal

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 20 Mei 2013

Tips Jitu Menghafal

Dengan tambahan sedikit usaha dan kreatifitas, kita bisa bikin materi pelajaran yang tadinya bikin pusing dan mengesalkan karena susah dihafal jadi mudah dan menyenangkan. Yeaayy!

 

Apa gaya belajar kita?

Susahnya mengingat materi pelajaran saat menghafal bisa jadi disebabkan oleh cara belajar kita yang enggak cocok dengan karakter kita. Jadi pertama-tama kenali dulu gaya belajar kita seperti apa. Apakah tipe visual, kinestetik atau audio. Setelah itu pilih cara belajar yang cocok.

 

Visual learner. Lebih mengandalkan mata, lebih cepat mengingat apa yang dilihat. Jadi coba beri highlights buku pelajaran atau catatan kita dengan spidol atau stabilo warna warni. Jadi lebih menarik bagi mata dan mudah diingat.

 

Kinestetik learner. Selalu merasa suntuk dan lelah kalau duduk diam saat belajar. Jadi coba belajar sambil jalan-jalan keliling rumah. Atau belajar di tama, sambil sekali-kali jalan keliling.

 

Audio learner. Lebih mengandalkan pendengaran alias lebih cepat mengingat apa yang didengar. Jadi coba baca materi pelajaran dengan cukup keras dan berulang. Bisa juga merekamnya, lalu memutarnya berulang-ulang atau melakukan tanya jawab dengan teman.


Be creative!

Setelah memahami bagaimana tipe belajar kita, mulai lakukan beberapa trik supaya belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Caranya dengan membuat jembatan keledai alias mnemonic, yaitu mengubah bentuk materi yang kita hafalkan agar bisa lebih lama bertahan di memori otak kita.

 

Membuat singkatan. Contohnya, mejikuhibiniu yang digunakan untuk menghafal warna pelangi, atau untuk menghafalkan Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) di pelajaran kimia, yaitu Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra, bisa dibuat jembatan keledainya jadi Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata.

 

Ubah materi pelajaran jadi lirik lagu favorit. Hafalkan dan nyanyikan berulang-ulang. Karena suka lagunya dan nadanya ada di memori kita, otak kita akan lebih mudah menerima dan menghafal lirik barunya.

 

Buat gambar atau bagan. Buat gambar atau bagan dari materi pelajaran yang pengin kita hafalkan dan hubungkan dengan sesuatu yang gampang kita ingat. Misalnya hukum Archimides kita dihafal dengan menggambar gelas besar berisi air, dengan telur di dalamnya dalam posisi tenggelam, mengambang atau terapung. Jadi kita akan mudah ingat bahwa air punya daya tolak.

 

Bisa juga merangkum catatan yang panjang lebar dengan membuat bagan. Misalnya catatan sejarah revolusi Indonesia, bisa dibuat bagan berbentuk timeline yang menerangkan semua kejadian secara berurutan berdasarkan waktu terjadi dan diberi keterangan yang penting saja. Jadi lebih enak dibaca.

 

Buat cerita atau hubungkan kalimat dengan kata yang lebih mudah diingat. Misalnya menghafal rumus berat (W) = massa (m) x gravitasi (g), bisa dibuat 'Wonder girls Makan Gorengan'. Atau kalau harus menghafalkan beberapa kata seperti negara-negara pendiri Asean, bisa dibuat cerita dengan menghubungkannnya pada kata-kata yang dekat dan mudah diingat, seperti: Putri adalah orang Indonesia yang lahir di Singapura. Hobinya jalan-jalan ke Thailand untuk lihat gajah putih, ke Malaysia untuk liat Twin Towers dan ke Filipina belajar bahasa Tagalog.

 

(aisha, foto: fanpop.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN