Tips Imaginative Writing untuk Menulis Cerita Fiksi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 September 2014

Tips Imaginative Writing untuk Menulis Cerita Fiksi

Senang berimajinasi dan ingin menuangkannya dalam sebuah tulisan? Yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan imajinasi ketika menulis (imaginative writing), yaitu mengungkapkan pikiran dan perasaan penulis dengan cara-cara imajinatif, terlihat unik, dan puitis. Gimana sih melakukan imaginative writing untuk menulis cerita fiksi?

 

(Baca juga: 5 Ide Kreatif Menulis Surat Cinta)

 

1. Lakukan riset kecil untuk tema yang akan ditulis agar isi cerita lebih berbobot dan hidup.

 

2. Berikanlah "sesuatu" untuk pembaca baik itu ilmu pengetahuan, motivasi, hikmah hidup, hal-hal baru yang bermanfaat untuk pembaca meski hanya tulisan fiksi.

 

3. Kemas dalam sebuah cerita menarik dengan gaya Anda sendiri. Tulislah semua yang ada dan terlintas dalam pikiran kita.

 

 

4. Setelah selesai, coba baca kembali dan saat dirasa masih ada hal-hal yang kurang mendukung atau mengganjal di pikiran, langsung hapus dan tulis kembali dengan kalimat atau kata yang menurut kita lebih baik, enak, dan pas.

 

5. Semakin sering merangkai kata demi kata, kelak akan menemukan hal-hal yang mengagetkan saat kata itu terangkai menjadi kalimat dan hidup serta memukau. Semua orang bisa menulis, tetapi tidak semua orang bisa menulis dengan baik dan benar.

 

(Baca juga: Writing Therapy, Cara Sederhana Luapkan Emosi)

 

(noverita/tabloidnova.com, foto: tumblr.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN