Tips Hadapi Teman Yang Perhitungan

Published by : Marti Posted on : Jumat, 11 April 2014

Tips Hadapi Teman Yang Perhitungan

Katanya bersahabat, tapi kenapa dia selalu hitung-hitungan soal apapun dengan kita. Mulai dari masalah uang, masalah pertolongan, sampai antar jemput. Duh! Kenapa sih?

 

Timbal Balik

Apapun jenis pertolongan kita, dia buru-buru minta tolong yang sama. Gelagatnya kayak merasa ketakutan kita enggak melakukan hal sama seperti yang dilakukannya.


Tips: Dasarnya sahabat yang perhitungan karena merasa take and give. Biasanya, sahabat kayak gini merasa enggak adil kalau apapun yang diberikan kepada kita enggak ada timbal baliknya. Sebenarnya maksud dia baik, dia hanya ingin membantu kita. Dan sewaktu-waktu saat dia butuh bantuan kita bisa membantunya.

 

Rajin Umbar

Setiap kali dia menolong kita, dia langsung mengumbar seluruh pertolonganyang dia lakukan sebelum minta tolong sama kita. Misal, "tolong temenin aku dong, kan dulu aku juga pernah temenin bla bla bla,". Ini yang bikin kita enggak nyaman saat dia minta pertolongan ke kita.

 

Tips: Terus terang saja ke dia, kasih pernyataan yang bikin dia mengerti kalau minta tolong ke sahabat adalah wajar. Misal, "tanpa kamu sebut pernah anterin, aku juga pasti anterin kamu. Jadi enggak usah ngomong apa-apa," Dia akan segera mengerti dan merubah cara minta tolong ke kita.

 

Satu Aku, Satu Kamu

Sahabat selalu senang dengan hal yang seri. Misal kalau kita minta tolong sesuatu, dan dia minta tolong sesuatu yang sama dianggap impas di matanya. Tapi saat kita minta tolong lagi, dia berubah dan malas-malasan.

 

Tips: Kalau merasa kesal dan kecewa, lebih baik cari sahabat lain yang mau membantu kita dengan tulus. Tunjukan ke dia arti pertolongan itu sebenarnya. Dengan melihat kita minta tolong ke sahabat lain, dia akan merasa tersindir. Dan ada kemungkinan dia merubah sikap perhitungannya.

 

Uang

Tiap dia pinjam uang ke kita selalu diperhitungkan. Padahal kalau dia butuh bantuan uang, kita enggak perhitungan kayak dia.

 

Tips: Saat kita butuh bantuan, cari sahabat lain yang menurut kita lebih nyaman. Jadi saat mengembalikannya, dia enggak mengharapkan imbalan apapun. Yang perlu diingat, coba belajar menolak secara halus saat dia meminjam uang sama kita. Supaya persahabatan kita enggak rusak karena masalah sepele seperti hutang.

 

 

 

(stefanie, foto: glogster.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN