Tips Enggak Cepat Lapar Saat Puasa

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 1 Juli 2014

Tips Enggak Cepat Lapar Saat Puasa

Lemas, haus, lapar ketika puasa? Kondisi ini enggak perlu kita alamin kalau kita udah niat dan tau kiat-kiatnya. Simak nih tips biar enggak cepat lapar saat puasa!

 

(Baca juga: Makanan yang Sebaiknya Dimakan Saat Bulan Puasa)

 

Karbohidrat rendah

Beberapa pakar kesehatan menyarankan agar ketika sahur sebaiknya memilih makanan yang nilai karbohidratnya rendah.

 

Siapa yang suka makan mie instan pas sahur? Mulai sekarang hindari makan mie instan pas sahur. Karena kandungan glikemiknya (nilai karbohidrat) tergolong tinggi. Makanan yang indeks glikemiknya tinggi bisa membuat seseorang merasa lebih cepat lapar.

 

(Baca juga: 15 Rumus Enggak Batal Puasa)

 

Makanan berserat tinggi

Agar tubuh kita tetap berenergi sepanjang hari, saat sahur ada baiknya kamu mengonsumsi makanan berserat tinggi sebagai santapan utama. Bisa dicampur dengan makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat, kamu bakal mendapatkan efek kenyang yang lama dan tidak akan mudah lapar.

 

Makanan berprotein

Selain itu, makan makanan yang berprotein seperti ikan, ayam, telur dan tahu, karena akan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Mengonsumsi lemak yang baik (HDL) juga disarankan. Lemak baik itu bisa didapat dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan avokad yang memiliki peran penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

 

(Baca juga: Tetap Fit Selama Puasa)

 

Makanan terlalu asin

Ada lagi nih yang harus dihindarin selain mie instan, yaitu makanan yang terlalu asin atau mengandung kadar garam yang tinggi karena hanya akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi.

 

Walaupun tubuh berpuasa selama sekitar 12 jam, jangan pernah lupa untuk minum air putih sebanyak 8 atau 9 gelas setiap hari. Bisa dibagi antara ketika sahur dan buka. Agar tetap bugar, olahraga juga enggak dilarang saat puasa. Tapi tentu saja olahraga yang ringan dan nggak memerlukan tenaga ekstra. (Sumber: Kompas Cetak)

 

(Baca juga: Tips Anti Lemas Selama Puasa)

 

(ega/hai, foto: wifflegif.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN