Tips Bikin Video Kreatif Pakai Smartphone

Published by : Marti Posted on : Jumat, 5 Desember 2014

Tips Bikin Video Kreatif Pakai Smartphone

Sebagai pemula yang mungkin enggak tahu apa-apa soal dunia videografi, dengan teknologi smartphone masa kini kita bisa bikin video singkat yang seru dan kreatif, lho. Ini dia tips bikin video kreatif pakai smartphone!

 

(Baca juga 4 Tips Bikin Video Seru di Vine)


Kecanggihan hape

Enggak bisa dipungkiri, semakin canggih suatu hape, kualitas gambar dan juga editing pasti bisa kita dapatkan. Tapi, kita cukup punya satu smartphone yang punya kamera dengan kualitas jernih dan operation system yang bagus untuk mengunduh aplikasi-aplikasi editing yang mendukung.

 

Tema dan konsep

Kamera memang penting, tapi ada hal yang lebih penting lagi yaitu tema dan konsep video. Dua hal ini bisa dibilang sebagai tahap pra produksi. Kita harus punya tema yang kreatif yang dikemas dengan konsep yang menarik pula. Misal: membuat video bertemakan OOTD. Konsep yang pengin kita pakai adalah stop motion tahap demi tahap kita memadukan pakaian.

 

(Baca juga Ide Video Romantis Bareng Pacar Pakai Handphone)


Detail latar tempat

Latar tempat salah satu hal yang enggak boleh dianggap sepele. Sesuaikan latar tempat dengan tema dan konsep video kita. Bikin atau cari latar tempat yang menarik buat dilihat atau ditonton. Kalau tema video kita OOTD maka wajib banget mencari background lucu yang mungkin bisa kita temukan di sekitar tempat tinggal.

 

Kepo-kepo dasar fotografi

Sebenarnya konsep membuat video itu sama kayak foto. Nah, kalau kita suka foto-foto pakai hape dan pecinta fotografi dengan smartphone, pasti akan lebih mudah membuat video. Salah satu hal dasar dalam fotografi yang bisa dengan mudah kita terapkan adalah komposisi dan pencahayaan. Komposisi itu bagaimana letak objek yang ingin direkam dengan latar belakang objek. Kalau pencahayaan bisa tergantung kreativitas kita, apakah ingin bermain cahaya yang gelap atau terang saat syuting.

 

Simple editing

Serunya merekam video dengan smartphone adalah kita bisa melakukan editing dengan mudah lewat aplikasi-aplikasi yang ada di sana. Coba unduh beberapa aplikasi yang menarik untuk mempercantik hasil syuting video kita. Ekstra tips untuk editing: tambahkan kata-kata dengan gaya editing ala hipster dan mainkan filter untuk menutupi kekurangan video saat syuting.

 

(Baca juga 10 Aplikasi Video Editing Terbaik di Smartphone)

 

(nana, foto: tumblr.com, hipster-gifs.tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN