Tips Bikin Resume Atau Curriculum Vitae yang Oke! (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 9 Juli 2014

Tips Bikin Resume Atau Curriculum Vitae yang Oke! (Bagian 2)

Salah satu faktor penentu diterima atau enggak saat magang adalah resume atau curriculum vitae (CV). Biar enggak salah buat, bisa intip langkah demi langkahnya di bawah ini.

 

(Baca juga: Tips Bikin Resume Atau Curriculum Vitae yang Oke! Bagian 1)

 

Minat & hobi

Setelah mencantumkan hal-hal yang formal, kita bisa menambahkan hal-hal yang lain untuk penunjang CV. Misalnya alat kerja yang kita miliki, seperti netbook, kamera atau gadget lainnya.

 

Kadang di beberapa tempat magang mereka memilih mereka yang punya alat kerja lebih lengkap dibandingkan yang enggak punya.

 

Selain itu, jangan lupa cantumkan juga hal-hal yang kita sukai. Ini akan membantu mereka untuk melihat kita cocok di tempatkan di bagian apa. Semakin spesifik, semakin baik. Misalnya daripada bilang hobi memotret, lebih baik bilang,  urban photography atau landscape photography.

 

(Baca juga: Panduan Magang Sesuai Jurusan dan Minat, Bagian 3)

 

Portfolio

Penting juga untuk melampirkan portfolio atau contoh hasil karya kita dalam CV. Kalau magang sifatnya wajib bagi sekolah, kita bisa lampirkan hasil tugas sekolah kita yang berhubungan dengan pekerjaan di tempat magang.

 

Tapi kalau enggak, pilihlah salah satu karya terbaik kita. Misalnya kita ingin magang sebagai fotografer, kita bisa lampirkan hasil foto-foto kita. Atau kalau kita ingin magang di TV, kita bisa lampirkan video yang sudah kita buat. Intinya, sih, perusahaan tempat magang bisa melihat sejauh apa kemampuan yang sudah kita miliki.

 

(Baca juga: Formal Fashion Tips for Intern)

 

Surat referensi

Walau enggak wajib tapi kadang-kadang surat referensi bisa memuluskan jalan kita untuk magang. Kalau magang merupakan bagian dari tugas sekolah, kita bisa minta surat referensi dari sekolah yang isinya menyatakan kalau kita wajib magang.

 

Tapi kalau magang karena keinginan sendiri, kita perlu mencari orang  yang tepat memberikan referensi. Misalnya, kita ingin magang di majalah, guru bahasa atau pembimbing ekskul mading bisa kita minta untuk referensi yang menyatakan kalau kita punya kemampuan di bidang media. Lampirkan surat referensi bersama CV yang akan dikirimkan.

 

(Baca juga: Tips Melamar Kerja Magang)

 

(muti, foto: dailydot.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN