Tips Bikin Otak Tetap Bekerja Saat Waktu Luang Dan Liburan Sekolah

Published by : Marti Posted on : Minggu, 8 Juni 2014

Tips Bikin Otak Tetap Bekerja Saat Waktu Luang Dan Liburan Sekolah

Sedang liburan sekolah? Atau bingung melewati waktu luang saat tugas enggak menumpuk? Saat waktu luang atau enggak ada kegiatan, otak kita perlu bekerja dengan maksimal. Menstimulai otak sangat penting di usia kita. Supaya nantinya, enggak mudah stress saat aktivitas padat atau mempelajari sesuatu. Ini dia tips bikin otak tetap bekerja saat waktu luang dan liburan sekolah yang bisa kita coba di rumah.


Pilih Saluran TV

Sepanjang hari saat libur kita hanya terpaku menonton drama Korea favorit kita. Menonton memang mengasyikkan dan menghibur kita dikala sedang bosan. Tapi terlalu sering menonton TV enggak baik lho. Supaya otak kita bisa tetap bekerja dengan baik, coba ganti saluran TV ke acara yang lebih mendidik. Misalnya dokumenter, berita atau acara debat. Meski awalnya terasa berat dan membosankan, lama-lama kita akan terbiasa dan tentunya wawasan kita semakin bertambah.


Belajar Navigasi

Lain kali saat berpergian, coba pelajar peta arah lokasi tersebut. Kita bisa menggunakan peta pada website atau aplikasi GPS pada hp. Dengan melatih otak kita mempelajari peta, secara enggak sengaja kita mendalami ilmu geografi dan menambah kesadaran tata ruang. Selain itu otak kita juga akan bekerja dalam segi matematika dan geometrik.

 

Buku Diary

Diary atau buku harian, sangat membantu seseorang untuk belajar mendeskripsikan sesuatu. Dengan ini kita akan belajar tatanan bahasa dan melatih emosi kita supaya lebih tenang dan jauh dari stress. Kalau biasanya kita menulis dengan bahasa Indonesia, kenapa enggak sekali-kali menulis dengan bahasa Inggris. Dengan begitu kita akan terlatih dalam penggunaan grammer dan menambah penggunaan kata dalam bahasa Inggris!


Merencanakan Keuangan

Merencanakan keuangan sangat baik untuk diri kita. Dengan begitu kita bisa mengevaluasi pengeluaran dan mencari solusi untuk lebih berhemat. Merencanakan keuangan juga membantu kita belajar sistem akutansi lebih baik.

 

Baca Buku

Membaca buku adalah salah satu sarana paling efektif dalam meningkatkan kemampuan kita berpikir. Dengan rajin membaca daya intelejensi kita akan semakin bertambah. Makanya enggak heran, cewek yang suka membaca buku pasti sangat cerdas dan kritis.

 

 

(stefanie, foto: blogspot.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN