Tips Berpikiran Positif Ketika Orangtua Bercerai

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 17 Desember 2014

Tips Berpikiran Positif Ketika Orangtua Bercerai

Enggak ada satu pun dari kita yang berharap orangtua bercerai. Namun kenyataan tidak selalu sesuai harapan. Memang menyedihkan, tapi di balik perceraian ortu, ada beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan. Ini bukan akhir dari segalanya, kok. Ada tips berpikiran positif ketika orangtua kita bercerai.

 

(Baca juga: Ketika orangtua memutuskan untuk bercerai)

 

Rumah lebih sehat

Bisa jadi, sebelum ortu bercerai, kondisi rumah kita sangat tidak menyenangkan. Sering terjadi pertengkaran atau ortu justru enggak saling berbicara satu sama lain. Kita yang tinggal satu rumah pun merasakan enggak enak berada dalam kondisi ini dan jelas secara mental kita akan terpengaruh.

 

"Jika bercerai ada dua tanggapan, sedih dan bisa senang. Kalau yang senang jika sebelumnya orangtua terlalu sering bertengkar," ucap Evita Adnan, seorang psikolog anak dan remaja.

 

(Baca juga: Kalau mama papa sering bertengkar)

 

Waktu lebih bareng ortu

Begitu orangtua bercerai, tentu kita akan tinggal dengan salah satu dari mereka. Dan pasti, kita akan ada kewajiban juga untuk bertemu dengan satu dari mereka, yang tinggal terpisah dari kita. Walau awalnya terasa aneh, percaya deh, kondisi ini membuat kita makin peduli pada kedua orangtua kita.

 

Misalnya kalau kita tinggal dengan Mama, kita akan berusaha mencari waktu untuk bertemu dengan Papa. Setidaknya rajin menelepon atau SMS untuk mengetahui kabarnya. Kita jadi semakin menghargai waktu kita baik saat bersama Papa atau bersama Mama.

 

(Baca juga: 5 Hal Sederhana Buat Orangtua Bahagia)

 

Punya dua rumah

Ketika orangtua bercerai dan tinggal terpisah, secara enggak langsung kita jadi punya dua rumah. Rumah Papa dan rumah Mama. Dua rumah berarti juga dua lingkungan yang berbeda dengan aturan dan kebiasaan yang berbeda juga. Kita bisa mengambil beberapa keuntungan dari situ.

 

Kalau bosan di rumah Mama, kita bisa menginap di rumah Papa. Bisa jadi kalau saat Mama jam malam berlaku hingga pukul sepuluh, tapi kalau sedang menginap di rumah Papa jam malamnya hingga pukul sebelas. Tinggal secara bergantian di dua rumah yang berbeda juga melatih kita untuk bisa beradaptasi. Orang yang mudah beradaptasi, dalam kehidupan berteman pun jadi mudah mempunyai teman dan bisa survive dalam situasi apa pun.

 

(Baca juga: Tips tinggal jauh dari orangtua)

 

Punya keluarga baru

Ada kemungkinan ketika orangtua bercerai, salah satu atau kedua dari mereka akan menikah lagi. Ini berarti kita akan punya saudara tiri. Seperti juga saat awal orangtua bercerai, punya saudara tiri atau ayah/ibu tiri tentu akan terasa aneh dan butuh penyesuaian. Tapi pada akhirnya akan ada hal-hal menyenangkan yang bisa kita rasakan. Kita jadi punya keluarga baru.

 

Jangan terpengaruh kisah ibu tiri yang jahat seperti kisah Cinderella. Di jaman modern ini, orangtua tiri punya perhatian yang sama besarnya seperti orang tua kita sendiri. Salah satu contohnya, adalah Demi Lovato yang punya hubungan baik dengan ayah tirinya. Bahkan dia sudah menganggapnya seperti ayah sendiri.

 

(Baca juga: Tips supaya mudah mendapat kepercayaan orangtua kita sendiri)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN