Tips Belajar Untuk Tipe Night Owl

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 12 April 2014

Tips Belajar Untuk Tipe Night Owl

Baik early bird atau night owl punya trik dan teknik belajar yang berbeda-beda. Yang penting kita tahu triknya, biar belajar tetap maksimal.

 

Klik di sini untuk cari tahu apakah kamu tipe early bird atau night owl.

 

Kapan waktu belajar yang paling baik? Apakah tengah malam di saat semua orang sudah tidur atau saat pagi hari saat tubuh sudah segar? Well, enggak ada jawaban salah dan benar untuk pertanyaan yang satu ini. Karena pada dasarnya manusia punya jam biologis yang berbeda-beda. Ada orang yang lebih bersemangat di pagi hari atau yang lebih dikenal dengan sebutan early bird. Dan ada juga yang lebih bersemangat setelah matahari terbenam atau disebut si night owl.

 

Dengan mengetahui jam biologis, kita bisa lebih memaksimalkan jam belajar. Untuk sebagian orang, jam biologis memang bisa dilatih, misalnya dari orang yang night owl berubah jadi early bird. Tapi itu butuh proses latihan yang panjang dan disiplin tinggi. Namun bagi sebagian orang lainnya ada juga yang memang sama sekali enggak bisa diubah. Jadi daripada melawan jam biologis, kita ikut saja dan gunakan trik belajar yang tepat agar hasilnya tetap maksimal.

 

Night Owl

Kebalikan dari early bird, night owl adalah penguasa malam. Hi-hi-hi. Otak mereka bekerja dengan baik di atas pukul satu siang dan paling optimal antara pukul tujuh malam hingga dua subuh. Makanya bangun pagi untuk berangkat ke sekolah adalah satu tantangan besar setiap harinya.

 

Bergadang, yuuuk!

Karena otak mulai bekerja dengan baik di malam hari, night owl harus mempersiapkan badan sebaik mungkin sebelum bergadang. Saat mau belajar, minimal dua sebelum jam belajar, tubuh sudah rileks. Jangan sampai terjadi kita sampai rumah pukul sembilan malam, lalu diforsir begadang hingga pukul dua malam. Kalau kita niat bergadang malam, siapkan diri sejak pukul enam atau tujuh sudah ada di rumah. Santaikan pikiran dengan mandi air hangat, minum jus atau tidur-tidur santai.

 

No game, no tv

Sebelum belajar, hindari memforsir mata kita dengan melihat ke layar benda elektronik. Jadi dua jam sebelum bergadang, istirahatkan dulu mata dari benda elektronik seperti TV, hape, tablet dan gadget lainnya.

 

Penerangan yang baik

Belajar malam hari sangat mengandalkan penerangan yang baik. Tempat belajar harus punya lampu yang enak dan enggak membuat mata sakit. Kalau kita semalaman menggunakan komputer, aturlah cahaya komputer supaya tidak terlalu terang atau terlalu redup. Kita bisa mengubah screen layar dengan hitam dan tulisannya putih. Ini lebih ramah di mata dibandingkan layar putih dengan tulisan hitam.

 

No sweet food

Yang perlu diperhatikan juga asupan makanan saat bergadang. Hindari makanan yang serba manis dan berat. Ini membuat perut terasa berat dan efeknya ke kerja otak juga. Boleh banget makan tapi bukan makanan yang terlalu berat seperti nasi dan lauk pauk. Minum sebanyak mungkin air putih agar enggak dehidrasi yang membuat otak enggak bekerja maksimal. Hindari minuman manis seperti kopi, susu cokelat atau sirup.

 

Siapkan semua sebelum tidur

Kelemahan night owl adalah kita pasti terburu-buru saat bangun pagi. Jadi sebelum tidur, siapkan semua peralatan dan seragam sekolah. Kalau perlu letakkan semuanya pada satu tempat yang sama sehingga ketika bangun pagi kita enggak kelabakan lagi. Oh iya, walau kita tahan bergadang, tapi usahakan jangan berlebihan (sampai pukul lima pagi, misalnya). Tidur hanya dua atau tiga jam saja terlalu enggak baik untuk kesehatan. Jadi atur waktu tidur paling telat hingga pukul dua malam saja.

 

Klik di sini untuk tahu tips belajar tipe early bird.

 

(muti, foto: hypnosisselfhelp.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN