Tips Belajar Untuk Tipe Early Bird

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 11 April 2014

Tips Belajar Untuk Tipe Early Bird

Baik early bird atau night owl punya trik dan teknik belajar yang berbeda-beda. Yang penting kita tahu triknya, biar belajar tetap maksimal.

 

Klik di sini untuk cari tahu apakah kamu tipe early bird atau night owl.


Kapan waktu belajar yang paling baik? Apakah tengah malam di saat semua orang sudah tidur atau saat pagi hari saat tubuh sudah segar? Well, enggak ada jawaban salah dan benar untuk pertanyaan yang satu ini. Karena pada dasarnya manusia punya jam biologis yang berbeda-beda. Ada orang yang lebih bersemangat di pagi hari atau yang lebih dikenal dengan sebutan early bird. Dan ada juga yang lebih bersemangat setelah matahari terbenam atau disebut si night owl.

 

Dengan mengetahui jam biologis, kita bisa lebih memaksimalkan jam belajar. Untuk sebagian orang, jam biologis memang bisa dilatih, misalnya dari orang yang night owl berubah jadi early bird. Tapi itu butuh proses latihan yang panjang dan disiplin tinggi. Namun bagi sebagian orang lainnya ada juga yang memang sama sekali enggak bisa diubah. Jadi daripada melawan jam biologis, kita ikut saja dan gunakan trik belajar yang tepat agar hasilnya tetap maksimal.

 

Early Bird

Kalau kita tergolong early bird, artinya jam biologis kita sudah mulai bekerja dengan baik sejak pukul lima pagi. Kita paling cocok dengan sistem belajar mulai dari pukul sembilan pagi sampai pukul lima sore dan tubuh sudah memberikan sinyal mengantuk sekitar pukul sembilan malam. Dengan pola seperti ini pastinya kita harus memaksimalkan waktu sebaik mungkin.

 

Bangun pagi sekali

Buat si early bird, belajar di pukul 5-7 pagi adalah waktu yang paling tepat. Pukul lima pagi diyakini banyak orang sebagai jam terbaik untuk belajar. Oh iya, penulis-penulis terkenal seperti Haruki Murakami, Sylvia Platt dan Ernest Heminghway memulai hari mereka dengan menulis pada pukul empat sampai enam pagi, lho.

 

Cemilan ringan

Karena tubuh sudah istirahat dan perut kosong, maka enggak ada salahnya kita menyiapkan minuman yang menyegarkan untuk membuat otak bekerja dengan baik. Bisa air hangat ditambah perasan lemon atau air putih untuk membuat tubuh lebih berenergi.

 

Sisakan waktu untuk bersiap-siap

Selama apa pun kita belajar, jangan lupa menyisakan waktu sekitar satu jam untuk bersiap-siap ke sekolah. Perhitungkan juga pukul berapa orang-orang di rumah bangun. Karena kalau sudah bangun, pastinya suasana lebih berisik dan konsentrasi akan buyar.

 

Cahaya yang pas

Keuntungan early bird adalah suasana segar dan sinar matahari pagi sangat mendukung untuk belajar. Jadi buka jendela lebar-lebar dan cari tempat dimana cahaya matahari masuk. Kondisi ini memberikan efek menenangkan sekaligus otak makin cling untuk belajar.

 

Lakukan hafalan di awal belajar

Menghafal lebih enak dilakukan saat sepi. Saat orang rumah belum bangun. Jadi sebaiknya, kita mulai belajar yang sifatnya hafalan di awal. Setelah itu baru, deh, kita memulai dengan yang ditulis atau mengerjakan PR.

 

Klik di sini untuk tahu tips belajar tipe night owl.


(muti, foto: bbc.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN