Tips Belajar Pintar!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 19 Mei 2013

Tips Belajar Pintar!

Enggak mood belajar, bosan, malas baca dan banyak lagi problem lain sering kita anggap sebagai penghalang mendapatkan nilai bagus. Hey, no challenge, no change!

 

Mood

"Aduh, aku enggak mood belajar!" Meidina sarah, Kelas X IPS SMA PB. Soedirman Jakarta

Lagi enggak mood memang sering dijadikan alasan kita malas belajar. Perlu mood yang bagaimana sih? Sebenarnya, mood baik itu bisa dibangun. Misalnya dengan melakukan hal-hal yang kita senangi sebelum belajar. Kalau lagi merasa agak panik, bisa mendengarkan lagu-lagu slow yang membuat pikiran lebih tenang. Kenali waktu-waktu yang membuat kita bisa fokus belajar seperti di pagi hari saat masih fresh. Bisa juga ngemil cokelat saat belajar supaya mood lebih baik. Jangan biarkan mood mengatur kita, tapi kita yang harus mengatur mood.

 

Tempat belajar

"Aku enggak bisa belajar di tempat yang berisik," Regin Siregar, Kelas XI IPS SMA Avicenna Jakarta

Ada sebagian orang yang baru bisa belajar apabila berada di tempat yang sepi atau tenang. Kalau di rumah sedang ramai, kita bisa mencari alternatif lain. Misalnya, pergi ke kafe atau tempat favorit yang memang suasananya memungkinkan untuk belajar. Kita juga bisa minta pengertian anggota keluarga di rumah untuk lebih tenang karena mau belajar demi ujian. Dengan suasana yang nyaman, pasti belajar jadi lebih efektif dan lebih kondusif. Jadi, enggak ada alasan lagi untuk enggak belajar kan?

 

Materinya banyak

"Materinya banyak banget, bikin males bacanya," Sarah Sukmawati, XI IPA SMA Avicenna Jakarta

Kadang, ada beberapa guru memang suka memberi materi yang banyak untuk bahan ulangan kita. Memang sih, gara-gara bahan ujian yang banyak membuat kita malas untuk membacanya. Berarti, kita harus tahu guru mana saja yang suka memberikan banyak materi ujian. Cara menyiasatinya adalah dengan selalu menulis poin-poin penting atau rangkuman setelah guru tersebut memberikan penjelasan di kelas. Membuat rangkuman dengan cara yang kreatif bisa membuat kita enggak malas membacanya.

 

Enggak suka

"Aku enggak suka sama pelajarannya," Ilmidina Kamila, Kelas XI IPS SMAIT Nurul Fikri Depok

Dari banyaknya mata pelajaran di sekolah, pasti kita punya mata pelajaran favorit. Tapi, bukan berarti kita jadi enggak belajar gara-gara enggak suka. Coba deh baca lagi materi pelajarannya. Biasanya, kita enggak suka karena belum 'kenal' dan mengerti. Pelajari garis besarnya terlebih dahulu, lalu lihat ringkasan dan keterangan gambar yang ada. Pasti bisa kok asalkan kita rajin dan tekun untuk mempelajari hal baru! Klik di sini untuk tips menguasai pelaran yang kita enggak suka.

 

Lupa

"Keasyikan main handphone jadi lupa belajar deh," Hasna Nazhifa, Kelas X IPA SMA 78

Zaman sekarang, handphone memang sudah seperti kebutuhan yang enggak bisa dilepas. Apalagi dengan semakin banyaknya media sosial dan aplikasi chat yang membuat kita enggak mau ketinggalan informasi. Tapi, gimana dong dengan belajarnya? Atur frekuensi kita mengecek handphone. Misal, matikan handphone selama satu-dua jam setiap hari demi fokus belajar. Ayo belajar fokus dan mengingat sama satu hal supaya hasilnya maksimal.

 

(atifa, foto: shessmart.com)

 

Tags : life tips belajar

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN