Tips Belajar Efektif

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 12 April 2013

Tips Belajar Efektif

Paling ngeselin kalau udah capek belajar, ehhh tiba-tiba semua ingatan hilang ditelan bumi. Woaaa... Biar kejadiannya enggak kayak gitu, ada resepnya, nih...

 

Bikin flashcards

Coba deh tulis lagi semua yang udah kita pelajari di sebuah kertas kecil. Eits, bukan buat contekan ya. Menulis bisa membantu kita mengingat materi, sehingga tanpa kita sadari, kita pun jadi belajar dua kali. Flashcards juga memudahkan pas kita pengin mengulang membaca materi di mana dan kapan pun. Gunakan bahasa sendiri dan tulis bagian terpenting dari materi pelajaran tersebut. Biar menarik. kita bisa menggunakan tinta warna warni. Semakin sering mengulang, pasti makin banyak yang kita ingat.

 

Hubungkan rumus

Coba hubungkan rumus dengan hal apa pun yang paling mudah diingat. Misal, rumus massa jenis adalah p=m/v. Kita bisa menghubungkan rumus ini dengan PM yang merupakan singkatan dari perdana menteri. Dengan begitu, kita tinggal mengingat v sebagai volume.  See, lebih gampang kan?

 

Buat outline

Biasanya, kita paling malas menghapal materi pelajaran yang memiliki banyak cabang. Supaya lebih gampang, kita bisa membuat outline dari materi itu. Dengan cara ini, otak kita bisa lebih mudah mengerti, karena materi udah terstruktur dengan rapi. Misal, untuk pelajaran ekonomi.

sistem ekonomi:

-sistem ekonomi tradisional

-sistem ekonomi sosialis

-sistem ekonomi pasar

-sistem ekonomi campuran

 

Singkatan nama

Ngaku deh, ketika kita melihat lambang kimia unsur, mata pasti udah juling duluan saking banyaknya lambang kimia. Eits, ada cara mudahnya nih, kita bisa menggunakan singkatan nama untuk setiap unsur. Misalnya gunakan singkatan beli mangga campur sirsak bagi rata untuk menghapal unsur kimia. Singkatan ini diambil dari lambang unsur kimia berelium, magnesium, kalsium, srontium, barium, radium. Selain jadi lebih cepat dihapal, teknik singkatan membuat kita jadi enggak perlu repot menghapal tiap unsur dan posisi tempatnya.

 

Tempel rumus di tempat yang terlihat

Rumus matematika dan fisika memang banyak jenisnya. Supaya kita enggak kerepotan, rangkum rumus yang paling penting di kertas. Lalu, tempel rumus-rumus itu di tempat yang paling sering kita lihat dan lewati di kamar. Dengan begitu, kita bakal membaca tiap rumus itu tanpa disengaja. Cepat hapal, deh.

 

Beri tanda atau gambar di setiap rumus

 Bagi kita yang terbiasa mengingat sesuatu dengan cara visual, kita bisa menggunakan berbagai macam spidol warna warni untuk membantu mengingat rumus. Berikan warna berbeda untuk setiap rumus. Misal, berikan warna hijau untuk rumus volume kubus dan warna kuning untuk rumus trigonometri matematika. Kita bisa juga menambahkan berbagai gambar untuk membantu otak lebih mudah mengingat.

 

Best place

Memori otak selalu mengingat hal-hal kecil yang paling berkesan. Makanya ketika kita ingin belajar, lakukan di tempat-tempat yang paling nyaman. Misal, kita belajar sejarah ketika duduk di sofa merah. Kita pasti bakal mengingat bahwa kita menghapalkan sejarah perang Diponegoro di sofa merah tersebut. Sehingga proses mengingat materi pelajaran itu jadi lebih terbantu.

 

Sebenarnya semua orang pasti punya cara masing-masing dalam menghapal. Yang paling penting jangan menganggap ujian sebagai sesuatu yang menakutkan. Dijamin deh, enggak ada lagi hapalan yang kita lupakan.

 

(anggi, foto: parentingpink.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN