Tips Anti Stres Sebelum Ujian

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 3 April 2014

Tips Anti Stres Sebelum Ujian

Ujian sudah di depan mata dan pastinya kita akan sibuk mempersiapkan diri. Tapi selama persiapan ini kok kita merasa tertekan banget, ya? Duh, jangan sampai kita merasa stres gara-gara mau ujian, deh!

 

Makan dengan baik

Kadang saking sibuknya belajar, kita suka lupa untuk makan makanan yang bergizi. Inginnya segala sesuatu yang instan dan cepat. Padahal itu enggak baik, lho. Makanan instan itu biasanya mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan syaraf-syaraf di tubuh bekerja dengan keras dan jadi semakin tegang. Lebih baik paksakan makanan dengan gizi seimbang sehingga metabolisme tubuh kita juga tetap terjaga.

 

Olahraga rutin

Sesibuk-sibuknya kita belajar, siapkan waktu sejenak untuk berolahraga. Kenapa olahraga menjadi penting? Karena olahraga bisa jadi sarana kita untuk merilekskan otot-otot yang tegang dan membuat tubuh kita bebas dari tekanan.

 

Jauhi kafein

Untuk sementara, sebelum ujian, ada baiknya kita enggak mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak. Kalau misalnya kita sering minum kopi atau soda sehari sekali, bisa dikurangi jadi seminggu sekali. Kenapa? Karena kafein itu bisa bikin badan kita terus sadar dan bekerja. Sehingga yang seharusnya beristirahat, jadi terjaga. Otomatis, tubuh kita jadi susah rileks, deh.

 

Meditasi

Enggak perlu ganti baju dengan baju yoga ketika mau melakukan hal ini. Cukup luangkan waktu 15 menit sehari untuk bermeditasi. Kita bisa berdiam diri di kamar, menutup mata dan fokus dengan diri kita sendiri. Jangan lupa untuk mengatur napas kita supaya kita semakin merasa rileks dan enggak tegang.

 

Jalan-jalan

Walaupun kita lagi di tengah-tengah persiapan ujian, penting, lho, buat meluangkan waktu sebentar untuk jalan-jalan. Enggak perlu jauh-jauh sampai ke luar kota. Cukup keluar dari rumah dan hangout bareng teman-teman kita. Otak kita butuh istirahat dan sepertinya pergi ke salon buat creambath bareng sahabat bisa jadi ide yang asyik, ya? Hi-hi-hi.

 

Menulis diary

Percaya atau enggak, menuliskan kegiatan dan perasaan kita di diary atau blog bisa menjauhkan kita dari stres! Kok bisa? Jadi, dengan mencurahkan pikiran kita, secara enggak langsung kita membuang 'tekanan' yang kita rasakan sehari-hari. See? Enggak perlu pakai cara yang susah buat jauh dari stres. So get your pen, girls!

 

(audrey, foto: tvfirstlook.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN