Tips Anti Boros Saat Bulan Puasa

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 16 Juli 2013

Tips Anti Boros Saat Bulan Puasa

Puasa pada dasarnya adalah menahan hawa nafsu termasuk nafsu belanja dan nongkrong di luar. Tapi sering kejadian bulan puasa malah membuat kita boros. Aduuuh gimana dong?

 

Atur jadwal buka bareng

Kalau kita hitung-hitung banyak uang kita habis untuk makan acara buka bareng. Entah itu sama teman satu kelas, teman SD atau acara-acara buka bareng lainnya. Agar hemat, jangan semua ajakan buka puasa kita penuhi. Atau kita bisa akali bikin acara potluck. Pilih satu rumah teman dan tiap orang yang datang ke acara potluck wajib membawa satu makanan juga. Lebih hemat kan?

 

Jangan berbuka di food court

Setelah minggu pertama buka puasa bersama keluarga, bawaannya ingin buka di luar. Kita jadi cenderung lapar mata lalu membeli yang enak dan mahal. Sama seperti mengatur jadwal buka bareng. Kita atur kapan mau buka puasa di luar.  Cukup dua atau tiga kali kan? Enggak perlu juga buka puasa seperti wisata kuliner. Misalnya dari tiga kali buka di luar, pilih satu di tempat yang mewah, dua lagi cukup di tempat murah atau di pinggir jalan.

 

Tahan diri saat beli tajil

Di bulan puasa godaan terbesar adalah pedagang tajil yang tiba-tiba muncul dimana-mana. Dan pastinya semuanya enak-enak. Hi-hi-hi. Biar enggak lapar mata, catat dulu apa yang mau kita beli hari itu. Boleh digilir tiap harinya, jangan semua diborong. Kadang udah sampai rumah, enggak habis juga. Misalnya: hari Senin beli kolak pisang. Hari Selasa es buah, hari Rabu gorengan dan lain-lain

 

Mau lebih hemat? Kenapa enggak bikin sendiri. Ajak teman-teman atau kakak dan adik kita bikin tajil sebelum buka puasa. Tentu lebih seru.

 

Awas diskon!

Menjelang Lebaran pun semua mall bikin diskon gila-gilaan. Enggak tahan deh jadi beli baju atau sepatu. Oke, sebelum mau beli, cek dulu apa yang kita butuhkan. Enggak perlu harus baju dan sepatu baru tiap Lebaran kan? Kita bisa bikin proyek DIY untuk baju-baju lama kita. Kalau enggak tahan godaan diskon, mending kita enggak perlu masuk ke mall sekalian. 

 

(muti, foto: startupme.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN