Tips Aman Ketika Naik Kendaraan Umum (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 20 Oktober 2014

Tips Aman Ketika Naik Kendaraan Umum (Bagian 2)

Perjalanan dari rumah ke sekolah dan tempat lain atau sebaliknya bisa jadi waktu berbahaya bagi kita para cewek. Harus selalu waspada nih, girls. Simak tips aman ketika naik kendaraan umum.

 

(Baca juga: Tips Aman Ketika Naik Kendaraan Umum Bagian 1)

 

Tetap tenang

Kalau ada orang mesum yang punya penyakit suka memperlihatkan kemaluannya, jangan teriak dan lari, karena hal itu bikin dia makin menjadi. Tanggapi dengan dingin sambil terus jalan.

 

Hubungi orang lain

Jika pulang malam sendirian, lebih baik naik taksi yang punya kredibilitas baik dan untuk jaga-jaga, beritahu nomor taksi juga nama supir pada teman atau keluarga.

 

(Baca juga: Aman dari si Jahil di Jalan)

 

Pilih yang terpercaya

Bila harus menggunakan ojek, pastikan ojeknya aman, bukan orang yang tiba-tiba menawarkan diri jadi tukang ojek. Bila perlu, langganan dengan satu tukang ojek yang terpercaya.

 

Selalu waspada

Selalu waspada saat naik kendaraan umum. Usahakan enggak mengeluarkan hape atau dompet dan taruh di bagian paling dalam tas. Taruh tas di pangkuan atau dekap terus, termasuk saat turun.

 

(Baca juga: Tips Terhindar dari Penjahat di Jalanan)

 

Perhatikan penumpang lain

Copet dalam kendaraan umum biasanya beraksi secara bekelompok dan sengaja berpakaian rapi agar enggak dicurigai. Tapi gelagat mereka bisa terbaca karena suka saling memberi kode dan gesturnya mencurigakan. Selalu perhatikan posisi tangan orang di sebelah kita. Kalau ada orang asing yang tiba-tiba mengajak ngobrol atau menyuruh pindah tempat duduk, tanggapi seperlunya dan tolak. Tetap konsentrasi dan lindungi tas kita atau langsung turun saja.

 

Pilih-pilih

Usahakan jangan naik kendaraan yang kosong atau cuma berisikan penumpang cowok dewasa, apalagi kalau sudah malam.

 

Selalu periksa barang berharga

Selalu cek barang berharga sebelum turun dan sesaat setelah turun, jadi kalau  hilang, bisa langsung dicari di dalam kendaraan itu.

 

(Baca juga: Tips Terhindar dari Kecelakaan buat New Driver)

 

(aisha, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN