Tidur Siang Bikin Lebih Produktif? (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 3 Juli 2014

Tidur Siang Bikin Lebih Produktif? (Bagian 1)

Tidur siang bikin lebih produktif? Tapi, bagaimana bila kita lagi sekolah? Seakan-akan terkesan enggak produktif. Padahal, justru sebaliknya. Tidur siang singkat di sela-sela aktivitas justru bisa meningkatkan produktivitas.

 

(Baca juga: 10 Cara Tidur Lebih Teratur)

 

Michael A Grandner dari Center for Sleep and Circadian Neurobiology  Universitas Pennsylvania mengatakan, tidur siang di tengah-tengah kesibukan kita dapat mengurangi kadar kelelahan, meningkatkan waktu respon, meningkatkan kemampuan belajar, dan memperbaiki kemampuan koordinasi.

 

Delapan Jam Setelah Bangun Tidur

Meski demikian, bukan berarti karena tidur siang bikin lebih produktif lantas kita bisa tidur sembarangan. Sebaiknya tidur siang enggak dilakukan sembarangan untuk memperoleh hasil yang optimal.

 

(Baca juga: Berapa Lama Tidur Siang yang Baik)

 

Misalnya enggak boleh dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur malam. Grander mengatakan tidur siang lebih baik dilakukan delapan jam setelah bangun tidur, bila lebih dari itu, maka jaraknya dengan tidur malam terlalu pendek sehingga meningkatkan risiko kesulitan tidur.

 

"Tidur siang juga tidak perlu dilakukan terlalu lama, waktu optimal hanyalah 20-30 menit saja. Itu yang terbaik untuk untuk fungsi otak dan mencegah pening saat bangun tidur," ujarnya.

 

(Baca juga: Kekuatan 20 Menit Power Nap)

 

Sebuah penelitian asal Northwestern University menunjukkan, orang bisa lebih mudah mengingat lagu yang dimainkan setelah mereka tidur siang. Artinya, tidur siang bisa memperbaiki memori, terutama untuk hal yang mereka pelajari sebelum tidur, demikian dilansir menshealth.

 

(Baca juga: Tidur Siang Bikin Lebih Produktif? Bagian 2)

 

(k. tatik/intisari-online, photo: m-magazine.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN