Things I Wish I Knew Before 18 part 2

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 30 Mei 2013

Things I Wish I Knew Before 18 part 2

Ayo, girls, banyak hal yang perlu kita lakukan sebelum mencapai umur 18 tahun! Biar enggak menyesal nanti, cari tahu apa sajakah itu?  

 

1. Belajar merawat diri

Biasakan makan-makanan sehat, olahraga, dan merawat diri mulai dari sekarang. Kalau kebiasaan-kebiasaan baik udah kita latih dari sekarang, di masa dewasa dan tua nanti, kita bakal terbebas dari masalah-masalah kayak sakit, minder dan sebagainya. Percaya deh!

 

 

2. Mengatakan isi kepala dan kata hati kita

Mengatakan isi kepala dan kata hati itu penting, girls. Kalau dipendam bisa stress sendiri. Mulai dari cerita sama sahabat, kakak atau ortu. Menulis di blog atau kertas juga boleh kok. Tapi ingat ya, enggak semua hal kita tumpahkan ke semua orang.

 

3. Stop membanding-bandingkan

Kita suka dan udah pede sama apa yang kita lakukan. Tapi begitu melihat orang lain, kok rasanya mereka lebih keren dan lebih pintar dari kita ya? Mereka kok cepat belajar, sementara kita lambat ya? Girls, setiap orang punya kemampuan yang berbeda. Tapi, bukan berarti orang lain lebih baik dari kita. Bandingkan diri, bukan dengan orang lain, tapi dengan diri sendiri. Misal, bandingkan diri kita yang dulu malas berolahraga dengan kita yang sekarang rutin berolahraga. Nilai diri bukan karena orang lain, tapi karena usaha kita sendiri untuk lebih baik.

 

4. Enggak pernah puas

Banyak pujian mengalir karena keahlian kita. Tapi jangan berhenti belajar  dan cepat puas, girls! Belajar terus dan terus. Selalu ada hal yang bisa dikembangkan, meskipun orang lain menilai kita udah oke.

 

5. Kebiasaan baik

Punya kebiasaan baik itu penting. Contohnya setiap minggu, menyisihkan sebagian uang jajan untuk nabung. Pilih kebiasaan-kebiasaan baik yang simpel dan kita suka. Misalnya, bersepeda setiap sore atau mengulang pelajaran sebelum tidur. Karena pada akhirnya, manfaatnya justru besar banget buat kita.

 

6. Menerima perbedaan

Berteman dengan orang lain kadang-kadang butuh usaha ekstra. Enggak semua orang sempurna dan enggak semua orang sesuai dengan apa yang kita mau. Ada kebiasaan-kebiasaan atau kelakuan mereka yang enggak masuk akal buat kita. Tapi kalau ditelusuri, pasti ada alasannya mereka berbuat itu. Daripada sibuk ngeluh gara-gara kelakuan aneh teman, terima aja, lalu fokus sama kelebihan dan kebaikan mereka.

 

7. Kesempatan pertama

Gara-gara enggak belajar nilai ulangan kita jadi jelek banget. Begitu belajar lagi lalu remedial, kok ternyata materi ujian kemarin gampang ya? Jangan mentang-mentang ada remedial kita jadi malas-malasan. Pergunakan kesempatan pertama sebaik-baiknya. Banyak hal yang enggak memungkinkan kita untuk mendapatkan kesempatan kedua, lho.

 

8. Istirahat yang cukup

Terlalu rajin dan ambisius enggak baik juga, girls. Istirahat dan tidur yang cukup. Pergi liburan atau main sama teman. Kalau cukup berisitirahat, mood kita baik. Melakukan apapun jadi maksimal.

 

9. No judging

Enggak menilai dari satu sisi kalau ada masalah. Misal ortu enggak kasih uang jajan cukup, enggak perlu merajuk lama. Pasti ada alasan dibalik itu. Atau sahabat lupa ulang tahun kita, enggak perlu ngambek sampai berminggu-minggu. Marah sebentar, cari tahu apa masalah sebenarnya, posisikan diri kita di 'tempat' orang lain dan maafkan.

 

(dea, foto: weheartit.com)

 

 

Tags : kepribadian

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN