Things I wish I knew Before 18 part 1

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 30 Mei 2013

Things I wish I knew Before 18 part 1

Masa muda cuma sekali, girls. Sayangnya, banyak orang  enggak puas dengan masa mudanya. Nah, sebelum kita terjebak dalam penyesalan yang sama, cari tahu hal apa aja yang harus kita lakukan sebelum mencapai umur 18 tahun.

 

1. Mendengar kata hati sendiri

Coba mendengar kata hati kita sendiri begitu dihadapkan dengan berbagai keputusan penting kayak pemilihan sekolah atau jurusan. Emang mungkin sering bentrok sama maunya ortu, tapi kalau kita menjalaninya karena pilihan kita sendiri, kita bakal lebih bertanggung jawab dan sepenuh hati melakukannnya.

 

2. Temukan hal yang paling kita suka

Punya hal-hal yang kita sukai itu penting, girls. Temukan saat kita masih berusia muda. Enggak perlu ikut-ikutan teman lain kalau sebenarnya kita enggak suka. Jadi diri sendiri, klise, tapi bener banget, girls!

 

3. Mencoba banyak hal baru

Mumpung masih muda, coba banyak hal baru. Cari terus pengalaman baru. Ikut ekskul, workshop atau pelatihan seru juga. Jangan bilang sesuatu enggak seru kalau kita belum coba. Tingkatkan antusias kita. Soalnya saat berumur muda, kita lebih mudah menyerap dan belajar banyak hal.

 

4. Menabung waktu

Kalau kita  suka main musik misalnya, latih dan asah terus bakat main musik kita setiap hari. Rutinkan aja. Misalnya sehari latihan musik dua jam. Anggap aja kita 'menabung waktu' untuk masa depan kita. Bosan itu wajar. Dan tahu enggak, begitu kita dewasa nanti, kemampuan-kemampuan yang udah kita latih sejak remaja tadi bakal banyak banget manfaatnya. Kita jadi punya value di mata orang lain dan lebih pede menghadapi apapun.  

 

5. Berani

Keberanian membawa kita ke banyak pengalaman seru. Kita suka sama orang? Nyatakan. Kita mau nonton film seru di bioskop tapi enggak ada yang nemenin? Pergi sendiri aja! Ditunjuk jadi ketua kelompok belajar? Beranikan diri mengambil tugas itu. Kita enggak bakal tahu kemampuan kita seberapa kalau belum mencoba. Jangan juga takut salah atau takut sakit hati. Semakin kita banyak membuat kesalahan dan kegagalan, semakin pintar dan beruntunglah kita.

 

6. Lakukan ide

Punya ide yang menurut kita seru? Segera lakukan! Misal ide bikin pesta kejutan buat  sahabat, segera lakukan! Ide bikin mural di dinding kamar? Ide mengajak gebetan ke tempat makan baru? Lakukan aja, girls! Enggak perlu mikirin hasilnya, deh!

 

7. Selesaikan sesuatu

Kalau kita udah banyak mencoba hal baru, itu bagus, girls. Yang enggak oke adalah kalau semua hal dicoba tapi enggak kita usahakan selesai dengan baik. Sayang kan girls?

 

8. Don't worry much

Enggak perlu takut sama pendapat orang lain terhadap kita. Kalau kita nyaman dan pede dengan apa yang kita lakukan, go on. Pada akhirnya, orang-orang yang pendapatnya menurut kita penting itu, belum tentu jadi bagian hidup kita di masa depan.

 

9. Berteman dengan siapapun

Ada geng keren di sekolah, ada geng kutu buku yang kerjanya belajaaar terus, ada juga geng anak OSIS yang jago berorganisasi. Pilih teman itu baik, girls. Pilih mereka yang cocok dengan kita dan menghargai kita. Tapi, bukan berarti ketika kita memilih kelompok teman tertentu, kita jadi enggak berteman dengan kelompok yang lain.

 

Lihat 9 hal lainnya yang perlu kita tahu sebelum berumur 18 tahun, di Things I Wish I Knew Before 18 part 2

 

(dea, foto: weheartit.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN