Tetap Cukup Tidur Saat Berlibur

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 18 Juni 2013

Tetap Cukup Tidur Saat Berlibur

Jaga kesehatan saat liburan itu penting, gals! Ketika berlibur, kita butuh tubuh yang bugar agar bisa jalan-jalan dan menikmati liburan kita. Tapi, kadang karena keasyikan jalan-jalan, kita jadi melupakan waktu tidur. Padahal kalau kurang tidur, tubuh kita akan terasa lemas, daya tahan tubuh pun menurun. Tidur cukup itu salah satu hal penting yang harus kita lakukan setiap hari, terutama saat liburan. Contek tips biar bisa cukup tidur saat berlibur dibawah ini!

 

Minuman hangat

Satu atau dua jam sebelum tidur, sempatkan untuk meminum minuman hangat. Misalnya susu hangat. Kandungan asam amino triptofan dalam segelas susu hangat bisa membantu tubuh memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

 

Hindari minuman kafein

Boleh aja, sih, minum minuman yang mengandung kafein seperti teh, soda, dan kopi, tapi sebaiknya minum minimal 10 jam sebelum tidur. Hindari minum terlalu banyak minuman berkafein saat malam hari, atau kita akan terjaga sampai tengah malam. Besoknya jadi lemes, deh.

 

Cek suhu ruangan

Kalau menginap di hotel dan menggunakan AC, perhatikan suhu ruangannya. Sebaiknya enggak terlalu dingin, karena bikin kita jadi enggak nyenyak tidur.

 

Atur waktu makan

Hindari makan terlalu banyak sesaat sebelum tidur. Soalnya kalau makanan masih ada di dalam lambung, lalu kita merebahkan diri, maka isi lambung akan meluap naik dari lambung menuju kerongkongan. Efeknya kita jadi sulit bernapas. Karena makanan yang naik tersebut membuat sempit saluran pernapasan.

 

Listen to light music

Sebelum tidur, jauh-jauh deh sama lagu yang nge-beat. Nanti bukannya tidur nyenyak, kita malah jadi asyik jejingkrakan. He-he-he. Dengarkan lagu dengan musik yang lembut dan menenangkan sesaat sebelum tidur.



Simpan semangat

Saking enggak sabarnya melalui berbagai agenda liburan di keesokan harinya, kadang bikin kita jadi semangat di malam hari. Daripada sibuk mikirin besok, lebih baik kita beristirahat. Simpan tenaga dan pikiran untuk besok. Tarik napas panjang, buang berbagai pikiran, lalu pejamkan mata. Dijamin nyenyak!

 

(isma, foto: dok. life.nationalpost.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN