Tempat Berburu Beasiswa

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 24 Maret 2013

Tempat Berburu Beasiswa

Ini dia beberapa lembaga yang memberikan program beasiswa untuk S1. Setelah mempersiapkan diri, sekarang saatnya mencari. Selamat berburu!

 

Monbukagakusho

Beasiswa dari pemerintah Jepang ini diberikan untuk D2, D3 dan S1 untuk belajar di Jepang. Kebanyakan program yang ditawarkan di Jepang adalah program ilmu pasti seperti matematikan, mekanik, kimia, pertanian dan biologi. Ada juga pelajaran sosial seperti hukum, sosiologi, sasatra, sejarah, ekonomi dan administrasi bisnis. Syaratnya: Nilai rata-rata minimal 8,0.

 

Selain harus menguasai bahasa Inggris, juga bahasa Jepang, tapi enggak mutlak, kok. Karena bila diterima maka kita diberi kursus satu tahun untuk belajar bahasa Jepang. Ketika mengikuti program ini siswa diharuskan mengikuti ujian tertulis juga. Kalau berhasil mendapatkan beasiswa, maka semua biaya ditanggung, termasuk uang kuliah dan tunjangan hidup sekitar 117.000 yen/bulan (sekitar 12 juta rupiah, ini berlaku untuk tahun 2012, untuk tahun 2013-2014 kemungkinan berubah sedikit) .

 

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang

Jl MH Thamrin 24 Jakarta 10350, tel: (021) 319 24308

Website:  http://www.infobeasiswas1.com/beasiswa-d2-d3-dan-s1-ke-jepang-20132014/

 

ASEAN Undergraduate Scholarship 

Beasiswa ini diberikan oleh Nanyang Techonological University (NTU), salah satu universitas terkenal di Singapura untuk siswa di anggota negara ASEAN. Semua biaya kuliah, tunjangan hidup ditanggung (sekitar 5.800 S$ per tahun akademi, sekitar 45 juta rupiah). Ketika sudah mendapat beasiswa kita harus bisa mempertahankan IP minimal 3,5 dan setiap semester akan ada evaluasi. Beasiswa bisa ditarik bila nilai atau ada sikap yang tidak memuaskan.

 

Website

http://www.ntu.edu.sg/Pages/index.aspx

Email: ug_scholarship@ntu.edu.sg

 

Beasiswa Pemerintah India

Setiap tahun pemerintah India memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia. Paling enggak ada sekitar 20 beasiswa yang diberikan. Uang kuliah, biaya hidup dan akomodasi dan biaya kesehatan ditanggung semuanya, meskipun akomodasi pulang dan pergi ke India enggak ditanggung.

 

Selain syarat nilai yang bagus, untuk mendapatkan beasiswa harus lulus tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Kedutaan India. Sayang untuk tahun ini pendaftaran sudah ditutup 15 Februari 2013. Siapkan untuk tahun depan, yuk!

 

Education Wing, Embassy of India 

Jl. HR Rasuna Sauid Kav S-1 Kuningan Jakarta

Telp. (021) 520 4150/52

Website: www.indiaembassyjakarta .com 

 

Korean Government Scholarship Program

Program ini memberikan beasiswa buat pelajar yang ingin belajar di Korea dengan masa kuliah empat tahun dan satu tahun khusus untuk belajar bahasa korea. Syaratnya kita harus 20 top rangking di SMA dan rata-rata nilai harus 80. Kuliah dimulai sekitar Maret. Pendaftaran dibuka sekitar bulan September - Oktober.

 

Kedutaan Besar Korea Selatan

http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/idn/main/index.jsp

www.studyinkorea.go.kr

 

(muti, foto: natchezdemocrat.net)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN