Supaya Enggak Dapat Omelan Verbal Abuse Dari Orangtua

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 18 Desember 2014

Supaya Enggak Dapat Omelan Verbal Abuse Dari Orangtua

Gimana, ya, caranya agar kita enggak kena verbal abuse dari orangtua?

 

(Baca juga: Kenapa Orangtua Melakukan Omelan Verbal Abuse?)

 

Curhat sama anggota keluarga lain

Pertama-tama, ketika mengalami itu, jangan diam aja. Coba, deh, curhat dengan anggota keluarga yang lain. Kalau Papa kita yang melakukan verbal abuse, kita bisa curhat sama Mama atau sebaliknya. Bisa juga curhat dengan saudara kandung, karena ada kemungkinan mereka pun merasakan hal yang sama.

 

(Baca juga: Tips Menghadapi Orangtua Yang Selalu Salah Paham Dengan Diri Kita)

 

Menjaga sikap di depan orangtua

Selain curhat, kita juga perlu menjaga sikap kita di depan orang tua. Ketika orangtua melakukan verbal abuse, hindari membalas dengan kalimat kasar juga. Ini bisa membuat orangtua justru makin emosional.

 

Di sisi lain, perilaku kita juga jadi cenderung sama dengan perilaku ortu kita, meskipun kita tahu itu membuat kondisi tidak nyaman. Akhirnya, persoalan tidak pernah selesai, deh.

 

(Baca juga: Tunjukan 4 sikap ini kalau mau dianggap dewasa sama orangtua)

 

Ngomong langsung sama orangtua

Dan yang paling penting, agar hal ini enggak berlarut-larut, ada baiknya kita berbicara langsung pada ortu apa yang kita rasakan. Pilih waktu terbaik dan di saat santai. Ungkapkan kalimat apa yang membuat kita sedih atau down. Ungkapkan apa harapan dan cita-cita kita pada orangtua, agar mereka lebih mengerti diri kita. Bisa jadi orangtua kita enggak sadar sudah melakukan verbal abuse ini.

 

(Baca juga: Tingkatkan Kualitas Komunikasi Dengan Orangtua)

 

Minta bantuan anggota keluarga lain

Namun bila masalah ini sudah berlarut-larut. Enggak ada salahnya kita meminta bantuan anggota keluarga lain seperti om, tante, nenek atau kakek kita. Ceritakan dengan jelas  apa yang terjadi di rumah sehingga mereka bisa membantu untuk berbicara pada orang tua kita. Good luck, girls!

 

(Baca juga: Tips Menghadapi Tekanan Permintaan Orangtua Yang Bikin Stress)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN