Siklus Menstruasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 18 Maret 2014

Siklus Menstruasi

Begitu kita mencapai usia puber, sebagai cewek kita akan mengalami menstruasi secara berkala. Nah, waktu menstruasi ditentukan oleh perputaran atau siklus menstruasi. Biar enggak bingung, kita perlu tahu seperti apa siklusnya.

 

Apa itu siklus menstruasi

Siklus menstruasi tiap cwek berbeda-beda. Rata-rata sekitar 28 hari. Tapi ada juga yang siklusnya lebih panjang atau lebih pendek. Siklus yang masih dianggap normal adalah siklus antara 24- 35 hari. Tapi karena kita masih remaja, kadang siklus ini masih sering berubah-ubah. Enggak perlu khawatir, yang penting kita tetap rajin mencatat kapan memulai dan selewai waktu menstruasi.

 

Menstruasi

Menstruasi terjadi saat telur mengalami gagal pembuahan dan keluar dalam bentuk  darah. Lamanya menstruasi tiap orang berbeda-beda, umumnya antara 3 - 7 hari.

 

Ovulasi

Setelah masa menstruasi selesai, tubuh cewek mengalami proses ovulasi. Ini adalah proses di mana telur dari rahim dilepaskan. Pada saat ini rahim dalam keadaan subur. Kehamilan bisa terjadi ketika sperma bertemu dengan telur yang sudah subur.  Masa ovulasi bisa dibilang juga sebagai masa subur. Di mana kemungkinan cewek bisa hamil, pada masa ovulasi ini.

 

PMS

Setelah masa ovulasi lewat, tubuh kembali bersiap menghadapi menstruasi. Nah dua hingga satu minggu menjelang menstruasi, hormon-hormon tubuh makin bekerja giat sehingga kita pun mengalami apa yang disebut PMS.

 

(muti, foto: recapo.com)

 

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN