Sering Tidur Larut Malam Sebabkan Paranoia Berlebihan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 7 Januari 2015

Sering Tidur Larut Malam Sebabkan Paranoia Berlebihan

Ada dua tipe orang di dunia, orang yang dapat gampang bangun di pagi hari dan orang yang susah tidur. Sayangnya, buat orang yang susah tidur dan akhirnya sering terjaga di malam hari, lebih banyak alami kerugian. Menurut penelitian, sering tidur larut malam sebabkan paranoia berlebihan, kok bisa?

 

(Baca juga: Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda)


Penelitian pada mahasiswa

Penelitian terbaru, baru saja menambahkan kerugian dari orang yang susah tidur di malam hari dan sering terjaga, yaitu kekhawatiran atau paranoia berlebihan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh psikologis Jacob A. Nota ini, semakin larut seseorang tidur di malam hari, maka lebih berpotensi untuk merasa lebih khawatir sepanjang hari.

 

Survei yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa ini, mempelajari mengenai kebiasaan tidur masing-masing responden. Hasilnya, mahasiswa yang sering bergadang, dari rentang waktu tidur sampai dengan jam lima pagi, mengalami pikiran negatif  yang lebih tinggi, dan sering muncul berulang-ulang kali.

 

(Baca juga: Insomnia: Cuma namanya aja yang keren)

 

Kualitas tidur yang buruk


Tapi, belum jelas mengenai alasan yang mendasari hubungan antara kebiasaan bergadang dan peningkatan rasa khawatir. Ini bisa juga karena kualitas tidur yang buruk, kualitas pribadi seseorang, atau kekhawatiran menjadi hal yang membuat seseorang jadi sulit tidur, para peneliti mengatakan hingga sekarang belum menemukan dengan jelas.

Sementara itu, pandangan umum di lingkungan sosial mengatakan, tidur berkualitas dan cukup dapat mengembalikan stamina dan menstimulasi pikiran agar lebih positif. Jadi, enggak ada salahnya untuk mencoba tidur lebih awal. (Sumber: Cosmopolitan UK)

 

(Baca juga: 10 Jenis Gangguan Tidur)

 

(silvita/female.kompas.com, foto: justlotsofgifs.tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN