School Stress Management

Published by : Marti Posted on : Kamis, 28 November 2013

School Stress Management

Suka panik enggak, girls, karena sekolah? Tugas yang banyak banget, rapat di sana sini karena ikut banyak ekskul atau kepanitiaan untuk acara sekolah, belajar buat ulangan yang selalu ada setiap hari, dan ikut les sepulang sekolah. Belum lagi hangout sama teman yang juga menyita waktu. Akibatnya, kita jadi panik dan stres sendiri.

 

Punya banyak kegiatan memang perlu, tapi hal ini bisa membuat kita stress. Tapi, tenang, girls. Dengan cara yang tepat, kita tetap bisa, kok, jadi murid yang aktif tapi bebas stres. Here's the tips.

 

Buat Skala Prioritas

Usia sekolah merupakan saat yang tepat untuk mulai belajar membuat skala prioritas, girls. Apalagi buat cewek aktif seperti kita, prioritas itu penting banget sehingga semua hal yang kita kerjakan bisa berjalan sempurna. Buat task board yang ditempel di dinding kamar atau agenda yang bisa dibawa ke mana-mana. Isinya, semua kegiatan dan hal yang harus kita kerjakan. Urutkan dari yang paling penting. Jika ada hal yang sangat penting, beri tanda sehingga kita enggak akan melupakannya.

 

Don't Over Study

Ketika belajar, jangan mengulang hal yang sama secara berulang-ulang. Karena, ketika kita mengulang hal yang sama terus-terusan secara berlebihan, otak enggak akan bisa mencernanya lagi. Sehingga, seringkali kita jadi lebih sering melupakannya. Karena itu, enggak ada salahnya menetapkan beberapa waktu untuk belajar tentang suatu topik aja.

 

Tidur Yang Cukup

Menurut penelitian, kita harus tidur delapan jam sehari. Hal itu benar banget, karena otak juga butuh istirahat. Karena itu, jangan memaksa untuk belajar atau sibuk sampai larut malam sehingga kurang tidur. Karena besoknya kita enggak akan fit untuk melakukan kegiatan lain. Pastikan untuk selalu cukup tidur, ya, girls.

 

Tulis Ulang

Cara efektif untuk mempermudah belajar adalah dengan menulis ulang semua informasi yang didapat. Ketika di sekolah, kita sudah mencatat penjelasan guru. Malamnya, tulis ulang semua hal itu di buku catatan lain atau di laptop sehingga kita akan lebih mengingatnya. Jadi, ketika tiba saatnya belajar untuk ujian, kita teringat hal itu lagi sehingga lebih mudah dalam menghafalnya.

 

Istirahat Itu Penting

Saking sibuknya, kita jadi mengabaikan istirahat. Hal ini enggak benar, girls. Karena istirahat itu penting banget, apalagi di sela-sela kesibukan. Sebelum pergi les, pastikan kita cukup beristrahat setelah menghabiskan hari yang panjang di sekolah. Ketika sedang rapat OSIS, ajukan waktu untuk beristirahat. Ketika belajar untuk ujian, sediakan 10 menit untuk beristirahat. Begitu juga ketika jam istirahat, manfaatkan waktu itu untuk rileks, girls.

 

Kita bisa melakukan hal apa saja, selama itu menyenangkan dan bisa membuat kita kembali fresh, selama waktu istirahat ini. Menurut penelitian, otak membutuhkan istirahat setelah bekerja keras selama 30 menit. Jika tetap dipaksakan, otak enggak bisa bekerja maksimal. Karena itu, istirahat sebentar, meski hanya 5 atau 10 menit, penting banget untuk me-refresh otak.

 

Minta Bantuan

Jika kita merasa semua kegiatan ini akhirnya keteteran karena kita enggak bsia bagi waktu, mungkin ada baiknya kita minta bantuan orang lain, seperti guru atau orangtua. Mereka bisa membantu kita membuat skala prioritas, memilih kegiatan yang sebaiknya ditinggalkan dulu, dan mencari cara belajar yang efektif.

 

(iif. Foto: gurl.com)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN