Quiz Box: Apa Gaya Belajarmu?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 10 April 2014

Quiz Box: Apa Gaya Belajarmu?

Ternyata dalam hal belajar, ada masing-masing tipe belajarnya, lho. Kita masuk tipe belajar yang seperti apa, ya?

 

1. Hari ini dikasih tugas buat dikumpulkan minggu depan. Mending dikerjain kapan, ya?

a. Nanti malam kayaknya akan langsung dikerjain, deh.

b. Kapan, ya? Sehari sebelum dikumpulin mungkin...

c. Semunculnya mood aja, deh.

d. Tugas apa? Matematika? Enggak suka, sih. Jadi nunggu ajakan kerja bareng aja.


2. Sahabat ngajak kita jalan weekend ini, padahal udah berencana belajar buat ujian matematika Senin nanti. Jalan atau enggak?

a. Ikut jalan, ah. Lagipula kemarin-kemarin udah dicicil belajarnya.

b. Hah? Jalan? Mana bisaaa!

c. Jalan aja, deh, sekalian refreshing. Hi-hi-hi.

d. Hmmm...lihat besok aja, lah.

 

3. Kalau diminta tolong sama mama buat mengerjakan sesuatu, biasanya jawaban kita adalah...

a. "Oke, ma!"

b. "Sebentar, ma..." - dan baru dikerjakan kalau ditegur.

c. "Iya, ma..." - tapi enggak langsung dikerjain.

d. Enggak langsung dijawab dan baru dijawab kalau sudah ditanya dua kali.

 

4. Udah jam 9 malam, mata sudah beraaat banget, tapi masih ada yang harus dipelajari. Lebih baik kita...

a. Tidur aja, deh. Simpan tenaga buat belajar besok.

b. Tahan kantuk sampai selesai baca semuanya. Udah enggak ada waktu lagi.

c. Tidur, aaah... Kalau badan sudah capek itu enggak boleh dipaksakan.

d. Sebenarnya pengin tidur tapi ini mata pelajaran favorit. Sebentar lagi, deh.

 

5. Keadaan kamar berantakan banget, nih. Apa yang akan kamu lakukan?

a. Langsung beresin dan enggak mau ditunda-tunda.

b. Mau diberesin sih, tapi nanti aja deh kalau udah ada yang protes.

c. Masa sih berantakan? Enggak, ah. Biasa aja...

d. Hmmm..beresin tempat tidurnya aja, deh. Yang nanti bisa nyusul.

 

6. Asisten Rumah Tangga kita lagi pulang kampung. Kita bisa pilih salah satu tugas bersih-bersih. Kita pilih apa, ya?

a. Apa aja, asal rumah cepat bersih.

b. Apa aja juga boleh. Tapi enggak harus sekarang dikerjainnya, kan?

c. Boleh enggak milih sama sekali, enggak? He-he-he.

d. Yang biasa dikerjain aja, deh.

 

7. Sahabat kita ulang tahun minggu depan. Kira-kira waktu yang tepat buat beli kadonya kapan?

a. Kado? Udah dibeli dari minggu lalu, kok.

b. Nanti aja deh, sehari sebelum dia ulang tahun.

c. Kapan, ya? Setelah dia ulang tahun juga enggak apa-apa, kan?

d. Hmmm...tergantung mood kapan, deh. He-he-he.

 

Mostly A: Si Tukang Cicil

Belajar di H-1? It's a big no no! Buat kamu segalanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Rasanya enggak tenang kalau baru belajar ketika waktu ujian sudah dekat. Ini suatu hal baik yang harus kamu pertahanin, lho, karena belajar dari jauh-jauh hari bisa memaksimalkan hasil belajar kita. Keep it up, girlfriend!

 

Mostly B: Si SKS

Buat kamu, belajar itu kalau hari ujian sudah di depan mata aja. Makanya enggak heran wajah kamu suka kelihatan lesu pas hari ujian. Sebenarnya cara belajar seperti ini kurang efektif, girls. Karena materi yang kita pelajari enggak akan terserap dengan maksimal dan hasil ujian pasti kurang maksimal. Tapi kalau kamu memang enggak suka belajar dari jauh-jauh hari, ada baiknya sisakan waktu agak panjang, seminggu misalnya, untuk persiapan.

 

Mostly C: Si Santai

Buat kamu belajar itu enggak boleh dipaksakan. Kalau merasa perlu, ya baca ulaaang, kalau enggak juga enggak masalah. Pokoknya kamu santai banget, deh, kalau menyangkut masalah belajar. Memang, sih, belajar enggak perlu dibawa pusing, tapi enggak terlampau santai juga kali, ya? Jangan sampai kita merasa bisa padahal enggak dan akhirnya menyesal.

 

Mostly D: Si Pilih-pilih

Memang dasarnya kita tukang pilih-pilih, sampai pelajaran aja kita pilih-pilih mana yang mau kita pelajari mana yang enggak. Kalau kita suka banget sama pelajarannya, kita akan pelajari mati-matian supaya dapat nilai bagus. Tapi kalau enggak suka, jangankan dipelajari, dilirik aja kita males. Kalau kamu tipe seperti ini, ada baiknya ubah cara pikir kita yuk. Kita buat catatan pelajaran yang kita enggak suka jadi lebih kreatif supaya terlihat lebih menarik.

 

(audrey, foto: thestudygurus.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN