Program Pertukaran Pelajar: Youth For Understanding Indonesia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 23 April 2014

Program Pertukaran Pelajar: Youth For Understanding Indonesia

Bisa belajar di luar negeri adalah impian semua orang. Kita bisa, kok, mewujudkannya dengan mengikuti program pertukaran pelajar. Salah satunya di Youth For Understanding Indonesia.

 

YFU Indonesia

Youth For Understanding (YFU) adalah organisasi nirbala pendidikan internasional yang menyediakan wadah untuk pertukaran pelajar sejak tahun 1951. Program pertukaran ini adalah di 65 negara termasuk di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2006. YFU Indonesia hingga saat ini sudah mengirim siswa ke 11 negara seperti ke Amrik, Belanda, Jerman, Swiss, Prancis hingga Jerman.

 

Untuk program tahun 2014-2015 sudah dibuka, lho. Biasanya program pengiriman siswa akan terjadi sekitar bulan Agustus dan akan belajar di luar selama satu tahun ajaran atau sekitar 11 bulan. Kalau kita berumur 15 -1 7 tahun bisa, nih, ikutan karena umumnya program pertukaran pelajar berlaku untuk  kita yang masih berada di kelas satu dan kelas dua SMA.

 

Dua program beasiswa

Ada dua program yang ditawarkan oleh YFU Indonesia, program beasiswa dan non beasiswa. Untuk program non beasiswa, syaratnya lebih mudah. Selain mengisi aplikasi kita tinggal memenuhi biaya keberangkatan yang sudah ditetapkan dan bisa diangsur selama empat kali. Untuk beasiswa juga ada dua, nih, yaitu program beasiswa dari PASCH Goethe Institut dan program YFU international.

 

Menurut Ibu Hariji Noensie, national director YFU Indonesia, sejak tiga tahun lalu YFU berhasil mengirimkan siswa Indonesia untuk belajar ke Jerman selama satu tahun. Program PASCH ini dikhususkan pada siswa dari 28 sekolah di Indonesia yang memiliki program pelajaran bahasa Jerman.

 

Mereka wajib mengirimkan aplikasi dan portofolio. Dari sini mereka mengikuti seleksi nasional dan internasional sebelum dipilih ke Jerman. Semua siswanya dipilih dan diseleksi oleh pihak Goethe Institut. Untuk program beasiswa YFU international, baru akan dimulai tahun ini. Tentu saja kita harus melewati sejumlah seleksi dulu.

 

More info:

YFU

www.yfu.or.id

hotline: 0815-941-7906/0813-1977-1090

 

(muti, foto: www.yfu-yes.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN