Program Pertukaran Pelajar: Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 23 April 2014

Program Pertukaran Pelajar: Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study

Bisa belajar di luar negeri adalah impian semua orang. Kita bisa, kok, mewujudkannya dengan mengikuti program pertukaran pelajar. Salah satunya di Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study.

 

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Kalau kita ingin ikutan program pertukaran pelajar ke Amrik, yang satu ini bisa jadi pilihan kita. Ini adalah program yang diberikan kementrian luar negeri Amrik sejak 2002 untuk siswa SMA atau sederajat untuk menjembatani saling pengertian antara masyarakat dua negara, Indonesia dan Amerika Serikat.

 

Program YES di Indonesia sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 dan sudah mengirim lebih dari 700 siswa Indonesia ke Amrik. Yayasan Bina Antar Budaya bekerja sama dengan kedutaan Besar Amrik di Jakarta yang mengelola program YES ini.  Hebatnya lagi, siswa yang difabel pun punya kesempatan untuk mengikuti program ini, lho.

 

Syarat untuk bisa mengikuti program ini kita harus berusia 15-16 tahun, untuk tahun keberangkatan 2015, peserta harus lahir antara 1 Januari 1998 - 1 Agustus 1999, harus dapat persetujuan dari orang tua dan sekolah, dan harus lolos mengikuti tahap-tahap seleksi yang diselenggarakan oleh Bina Antara Budaya.

 

Mendaftar di chapter terdekat

Kalau berminat, kita harus mendaftar lewat chapter terdekat untuk menginformasikan di mana tempat tinggal kita. Ada 18 chapter yang tersebar diseluruh Indonesia mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, Medan, Balikpapan dan banyak lagi. Alamat lengkap tiap chapter bisa dicek di situs Bina Antar Budaya.

 

Di chapter-chapter ini kita bisa membeli PIN pendaftaran untuk aplikasi. Setelah itu baru, deh, kita membuka aplikasi online dari situs Bina Antar Budaya. Setelah kita mengaktivasi PIN, baru kita mengisi formulir secara online lalu mencetak kartu tanda lolos seleksi. Dan setelah semua form diisi termasuk surat izin dari orang tua, barulah semua dokumen dibawa ke chapter terdekat untuk diverifikasi dan dikonfirmasi.

 

More info:

Bina Antar Budaya

Jalan Limau no. 22

Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12130.

Telp: (021) 722 2291, (021) 723 5832.

http://www.bina-antarbudaya.info/going-abroad/application-deadlines-2/

 

(muti, foto: yesprograms.org)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN