Produk Kebersihan Yang Enggak Boleh Dipinjamkan Ke Orang Lain

Published by : Marti Posted on : Selasa, 1 Juli 2014

Produk Kebersihan Yang Enggak Boleh Dipinjamkan Ke Orang Lain

Semua orang pasti mengalami dan harus tahu produk kebersigan seperti apa yang enggak boleh dipinjamkan ke orang lain. Saat sahabat kita lupa membawa sesuatu, kita pasti merasa enggak enak kalau enggak meminjamkan barang milik kita untuk membantunya. Tapi beberapa item ternyata enggak baik kalau kita share dengan orang lain karena bisa menyebarkan kuman, virus bahkan penyakit kelamin. Waduh! Apa saja ya produk kebersihan yang enggak boleh kita pinjamkan ke orang lain?


Sabun Batang

Penelitian tahun 2008 yang dilakukan kepada pemain rugby Universitas Florida, atau orang yang paling sering bergantian memakai sabun batang. Dalam penelitian ini ternyata seluruh pemain yang berbagi sabun terinfeksi methicillin resistant Staphylococcus aureus (MRSA), atau infeksi resistant terhadap antibiotik staph. Saat kita sabun membersihkan tubuh kita dengan sabun, kuman atau cacing yang menempel pada tubuh kita ikut menempel di sabun yang kita pakai.


Deodorant

Deodorant berfunsi untuk mengurangi perkembangan bakteri yang menyebabkan bau badan. Bagaimanapun juga saat kita mengoleskannya ke tubuh kita, beberapa bakteri ikut terbawa dan tertinggal di deodorant kita.  Sebenarnya hal ini enggak menyebabkan infeksi serius, tapi bisa mentransfer sel kulit dan partikel rambut dari rambut ketiak yang enggak baik buat kesehatan tubuh.

 

Baca juga: Tips Menghindari Bau Pada Ketiak

 

Pencukur

Apapun bentuknya menurut Bethanee J. Schlosser, M.D, Ph.D, Direktur Porgram Kesehatan Kulit Perempuan pada Rumah Sakit Northwestern, alat pencukur bulu atau rambut ternyata bisa menularkan hepatitis B, C dan HIV. Berbagi alat pencukur bisa menularkan infeksi jamur khususnya tinea corporis, atau cacing gelang dan infeksi bakteri merugikan lainnya.

 

Handuk

Wajib berpikir dua kali tiap kali meminjam handuk sahabat kita. Menurut CDC, saat kita menggunakan handuk orang lain kita bisa terinfeksi penyakit jamur pada kulit kita, penyakit mata serius dan jerawat. Yang lebih parah, berbagi handuk juga bisa menularkan penyakit kelamin berbahaya seperti HPV, STD.

 

Baca juga: Tips Basmi Jerawat Dalam 24 Jam!

 

Sikat Gigi

Berbagi sikat gigi ternyata berbahaya. Saat kita menggunakan sikat gigi orang lain bisa ketularan infeksi bakteri yang disebabkan oleh gusi berdarah. Infeksi ini bisa menjadi fatal, karena saat kita pakai bakteri tersebut sudah berkembang lebih banyak meski pemiliknya rajin membersihkan kembali sikat gigi tersebut.


Gunting Kuku

Hati-hati pakai gunting kuku orang lain karena bisa tertular jamur kuku. Selain menularkan jamur pada kuku, kita juga beresiko terkena infeksi viral akibat darah. Studi juga mengungkapkan infeksi ini lebih sering menyerang cewek yang rajin melakukan manicure di salon yang enggak memiliki standar kebersihan baik. Makanya perhatikan seluruh peralatan yang dipakai sebelum melakukan manicure ya!

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Kuku Kaki

 

 

(stefanie, foto: gurupop.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN