Pinjam Meminjam Uang Bisa Merusak Hubungan Persahabatan?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 1 Juli 2014

Pinjam Meminjam Uang Bisa Merusak Hubungan Persahabatan?

Namanya teman, pinjam meminjam uang atau barang udah jadi hal yang lumrah. Tapi menurut beberapa ahli keuangan, pinjam meminjam uang antarteman bisa merusak hubungan persahabatan, lho. Kalau jumlah yang dipinjam nggak seberapa, emang nggak akan jadi masalah, tapi kalau jumlahnya besar?

 

Menurut George Anna, penulis buku sekaligus konsultan keuangan ada beberapa alasan yang membuat kita berpikir dua kali sebelum meminjam atau meminjamkan uang kepada teman.

 

(Baca juga: Tips Hadapi Teman yang Perhitungan)

 

Menaruh teman di posisi yang nggak enak 

Teman minjam uang masa ditolak sih? Padahal keuangan kita juga enggak bagus-bagus amat. Tapi gimana cara nagihnya ya? Pasti ada perasaan enggak enak. Sikon kayak gini pasti bakal nyusahin kita, dan juga teman yang minjam. Kita jadi dilema, antara kebutuhan pribadi dan rasa setia kawan. Sementara dia kesal karena udah dibikin pusing sama masalah ini.

 

Mengubah persepsi teman 
Siapa sih yang mau punya teman yang boros, enggak bertanggung jawab, ngegampangin duit dan berbagai hal buruk lainnya? Mungkin kita enggak punya sifat itu, tapi kalau kita begitu mudah meminjamkan uang sama teman. Teman kita bisa jadi punya pandangan kayak gitu terhadap kita.

 

(Baca juga: 4 Alasan Sahabat Enggan Bayar Hutang)

 

Bikin hubungan jadi nggak seimbang 
Sadar atau enggak, posisi yang menghutangi akan jadi lebih tinggi dari yang meminjam. Kalau udah begini, jelas jadi serba enggak enak. Ngerasa punya hutang budi dan hutang uang.

 

Tapi balik lagi, itu cuma opini aja! Kalau teman kita minjem uang dengan alasan yang bisa diterima (misalnya untuk bayar uang sekolah) dan kita yakin dia bisa membayar tepat waktu kayaknya sih nggak masalah.

 

(Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berbelanja dengan Sahabat)

 

(ega/hai, foto: giphy.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN