Perubahan-perubahan Ketika Masa Pubertas

Published by : Marti Posted on : Senin, 3 Maret 2014

Perubahan-perubahan Ketika Masa Pubertas

Tiba-tiba di wajah kita mulai bermunculan atau dada kita terasa sakit. Kenapa ya? Apa kita mengalami penyakit tertentu sehingga banyak hal aneh yang dialami oleh tubuh kita?

 

Tenang, girls. Kita bukan lagi sakit, kok. Kita cuma lagi memasuki masa puber aja. Apa sih masa puber itu? Masa pubertas atau puber adalah masa ketika seorang cewek memasuki masa remaja menuju dewasa. Biasanya sih terjadi ketika berumur 12 atau 13 tahun, namun enggak jarang terjadi lebih awal atau lebih lambat. Puber terjadi karena adanya perubahan hormon di tubuh kita, sehingga enggak heran kalau kita akan mengalami perubahan-perubahan secara fisik dan emosional.

 

Bentuk tubuh berubah

Tumbuh payudara, pinggang dan pinggul lebih berbentuk, badan yang lebih berisi, dan tinggi badan bertambah pesat. Empat hal tersebut merupakan hal yang paling umum terjadi ketika kita lagi masuk masa puber. Hal ini normal sehingga kita enggak perlu takut.

 

Tumbuh rambut halus di beberapa bagian tubuh

Kalau dulu tubuh kita terlihat mulus tanpa rambut halus, sekarang kita harus menghadapi kenyataan kalau di beberapa bagian tubuh kita akan tumbuh rambut halus, misalnya di bagian pubis dan ketiak.

 

Munculnya jerawat

Wajah kita yang tadinya bersih harus berteman dengan yang namanya jerawat. Namun hal ini berbeda pada setiap orang. Ada yang melewatinya dengan biasa saja, tapi juga ada yang jerawatannya sampai parah banget. Kalau seperti ini, kita bisa cari tahu coal perawatan wajah yang cocok untuk remaja. Contohnya bisa klik di sini.

 

Menstruasi untuk pertama kali

Tiba-tiba ada bercak darah atau flek di celana dalam kita? Enggak perlu panik karena tandanya kita sedang mengalami menstruasi pertama kita. Untuk bulan-bulan pertama biasanya siklus menstruasi belum teratur. Tapi seiring dengan waktu, kita akan punya siklus menstruasi yang teratur.

 

Keringat semakin banyak

Karena dipengaruhi oleh perubahan hormon juga, produksi keringat kita ketika masa puber ini akan semakin banyak. Kalau kita enggak menjaga kebersihan tubuh, bisa-bisa keringat kita bercampur dengan bakteri dan menyebabkan bau badan yang enggak banget!

 

Kita semakin emosional

Percaya atau enggak, di masa puber ini kita akan semakin emosional dari biasanya. Namanya juga beranjak dari anak-anak menjadi dewasa, jadi ini adalah hal yang wajar. Tinggal bagaimana kita dengan dewasa mengontrol emosi kita.

 

Masa puber emang jadi masa yang penuh lika-liku buat remaja kayak kita, girls. Tapi kita enggak perlu takut untuk menghadapi masa puber ini. Karena cepat atau lambat, kita akan mengalami dan melewatinya. Anggap aja kita adalah kepompong yang akan berubah jadi kupu-kupu. Kita juga bisa baca cara-cara menyikapi masa puber di sini supaya masa puber terlewati dengan lebih asyik. Happy puberty, girls!

 

(audrey, foto: mnn.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN