Perubahan Mood Setiap Minggu Berdasarkan Siklus Menstruasi Kita

Published by : Muti Siahaan Posted on : Rabu, 10 Februari 2016

Perubahan mood setiap minggu berdasarkan siklus menstruasi kita

Siklus menstruasi berpengaruh banyak pada naik turunnya mood kita. Contoh paling gampang dan sudah diketahui secara umum adalah PMS. Namun diluar PMS, ada hal-hal yang yang mempengaruhi mood kita. Termasuk gimana kita naksir cowok dan jatuh cinta.  Walau pun untuk remaja seumuran kita siklusnya belum selancar orang dewasa tapi tetap aja bisa mempengaruhi kita.   Siklus menstruasi tiap cewek berbeda-beda tapi rata-rata berkisar antara 24 – 32 hari. Nah setiap minggunya ada perubahaan yang terjadi juga pada mood kita. 

Perubahan mood  setiap minggu berdasarkan siklus menstruasi kita
Pada fase ini kita merasa enggak cantik dan malas melakukan apa-apa.

Minggu pertama:  Menstruasi

Pada saat mengalami menstruasi, beberapa hormon estrogen dan testosterone ada pada level terendah. Bisa dibilang ini akan berpengaruh pada mood kita yang merasa jadi enggak cantik, atau rasanya badan gendutan banget.  Makanya kita juga saat menstruasi suka malas ngapai-ngapain, termasuk malas dandan.  

Untuk urusan cinta, entah kenapa saat menstruasi pun, birahi (atau bahasa Inggrisnya lust) ada pada tingkat yang rendah. Sehingga kita pun enggak terlalu senang memikirkan hal-hal yang romantis atau berhubungan dengan cinta.  

 

Minggu kedua:  siap ovulasi

Ketika tubuh kita mulai mengalami ovulasi, tingkat libido kita meningkat.  Tingkat testosterone sedang pada posisi yang tinggi.  Sedikit demi sedikit kita mulai merasa cantik dan seksi. Makanya kita  jadi senang tampil cantik dan berdandan. Kita pun jadi sering banget memikirkan cowok-cowok ganteng atau pun gebetan kita .  Mood kita pun pada posisi yang sangat baik dan menyenangkan. 

 

Perubahan mood  setiap minggu berdasarkan siklus menstruasi kita
Dimata cowok, cewek pada fase ini terlihat sangat cantik dan menarik

 

Minggu ketiga:  ovulasi

Ovulasi adalah tahap dimana sel telur dalam kondisi matang atau siap dibuahi.  Tingkat birahi (lust) ada pada posisi puncak. Lebih tinggi dibandingkan minggu ke dua. Dalam urusan cinta, kita jadi makin banyak memikirkan soal pacaran, percintaan bahkan seks. Hati-hati girl,kalau kita udah punya pacar, kalau terbawa mood, kita cenderung bisa melakukan hal-hal yang berbau seks atau berhubungan seksual.  Karena ini juga cewek jadi senang berdandan yang seksi pada masa ovulasi.  Di mata cowok, cewek yang sedang ada masa ovulasi biasanya terlihat lebih menarik dan seksi dibanding hari-hari biasa mereka.

 

Minggu keempat: PMS

Mirip dengan kondisi tubuh yang mulai enggak enak pada masa PMS, mood kita pun mulai naik turun saat PMS kita. Akibat kita jadi sering bad mood, uring-uringan dan agak sensitif. Ini terjadi karena tingkat estrogen dalam tubuh yang mulai rendah.  Rendahnya tingkat estrogen mempengaruhi level serotin. Kalau level serotin rendah, biasanya kita enggak bahagia atau gembira.

 

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN