Pertolongan Pertama Handphone Kena Air (Bagian 3)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 3 Mei 2014

Pertolongan Pertama Handphone Kena Air (Bagian 3)

Handphone atau gadget kamu kena air? Ini dia pertolongan pertama handphone kena air.

 

Rendam dalam beras

Contoh yang banyak tersedia adalah beras. Masukkan handphone ke dalam beras dan biarkan semalaman atau lebih lama. Bahan yang lebih efektif adalah silica gel atau penyerap kelembaban lain. Masukkan handphone bersama silica gel ke dalam wadah yang tertutup rapat.

 

Agar lebih efektif, putarlah posisi handphone tiap beberapa jam sekali supaya air yang terperangkap di dalam bisa mengalir ke luar lewat bawah.

 

Keluarkan handphone, lalu letakkan di atas handuk, sapu tangan, atau kain lainnya

Apabila ternyata masih ada kelembaban di handuk atau sapu tangan, ulangi pengeringan dengan vacuum cleaner dan langkah-langkah selanjutnya.

 

Coba nyalakan handphone

Setelah berusaha maksimal dan menunggu selama setidaknya 24 jam, kini saatnya coba menyalakan handphone. Periksa dulu tiap bagian handphone untuk memastikan bahwa perangkat yang bersangkutan benar-benar kering. Kemudian, pasang baterai ke dalam handphone, nyalakan, dan lihat apakah handphone sudah berfungsi normal.

 

Jika handphone benar-benar kering tapi tak mau menyala, cobalah hubungkan ke charger. Apabila handphone bisa menyala dengan cara ini, kemungkinan baterai rusak dan harus diganti.

 

Jika masih tidak bisa menyala, bawa ke lokasi servis profesional

Jangan coba membongkar handphone sendiri tanpa bantuan tenaga profesional. Anda berpotensi terpapar bahan kimia berbahaya dari handphone atau tersengat aliran listrik.

 

Apabila handphone menyala tapi tak berfungsi normal, ada kemungkinan telah terjadi korosi akibat air yang masih tertinggal. Lepaskan semua baterai dan aksesori, lalu coba keringkan kembali dan bersihkan kontak-kotak metal.

 

(kompas.com/oik yusuf/tabloidnova.com, foto: mobiles.co.uk

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN