Pertolongan Pertama Handphone Kena Air (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 3 Mei 2014

Pertolongan Pertama Handphone Kena Air (Bagian 2)

Handphone atau gadget kamu kena air? Ini dia pertolongan pertama handphone kena air.

 

Keluarkan kartu SIM dan memory card

Data dan informasi yang tersimpan di SIM atau kartu memori kadang lebih penting dibanding handphone-nya sendiri. Karena itu, meski kedua komponen ini relatif tahan air, sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

 

Lalu, segera keringkan SIM dan kartu memori, jangan dimasukkan lagi sebelum handphone benar-benar kering.

 

Ulangi usaha mengeringkan ponsel dengan handuk

Kali ini, usahakan agar lebih menyeluruh dibandingkan upaya pertama. Keringkan sebanyak mungkin air dari bagian luar dan dalam ponsel (kompartemen baterai) dengan cara mengelap perlahan memakai handuk.

 

Jangan menggerak-gerakkan handphone agar air di dalamnya enggak bergerak ke sana ke mari. Upayakan agar posisi handphone enggak berubah selagi dikeringkan. Perhatikan handuk agar jangan sampai tersangkut di sela-sela permukaan handphone. Membersihkan bagian dalam handphone dengan alkohol bisa membantu menghilangkan air.

 

Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)

Untuk mengeringkan air dari dalam handphone, gunakan vacuum cleaner  bila ada. Metode ini bisa mengeringkan handphone dengan cepat sehingga dapat dinyalakan dalam waktu sesingkat-singkatnya setengah jam apabila handphone hanya tercelup sebentar ke dalam air.

 

Nyalakan dan arahkan ke tiap-tiap bagian yang basah selama kira-kira 20 menit. Agar enggak pegal, bergantianlah memegangnya dengan orang lain. Jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke handphone karena alat ini menghasilkan listrik statis yang bahkan lebih berbahaya untuk handphone dibandingkan air sekalipun.

 

Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apa pun yang sifatnya meniupkan angin untuk mengeringkan handphone, meskipun disetel ke posisi "dingin". Alat-alat tersebut bisa mendorong air dan kelembaban lebih jauh ke dalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.

 

Lanjut baca ke artikel selanjutnya.

 

(kompas.com/oik yusuf/tabloidnova.com, foto: exophrine.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN