Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 3)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 4 April 2014

Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 3)

Supaya makin mantap menghadapi ujian, coba cek satu per satu, yuk, persiapan kita mulai dari huruf A sampai Z. He-he-he.

 

R: Ringkasan

Bahan-bahan yang diujikan mungkin terlihat susah banget, tapi sebenarnya bisa diringkas dengan bahasa sendiri, lho. Kalau pakai kata-kata sendiri, tentu bakal mudah dicerna dan dimengerti. Caranya, kita bikin ringkasan dari tiap materi. Ringkasan itu nantinya bisa kita baca-baca lagi pas menjelang ujian.

 

S: Stabilo

Benda kecil satu ini sangat berguna, lho, apalagi buat nemenin kita belajar. He-he. Kita butuh pena pewarna ini biar bisa menandai kata kunci yang penting dari tiap bahan. Dan, begitu harus buka buku lagi buat nyari kata kunci itu, pasti akan lebih mudah karena udah ditandai.

 

T: Tidur

Kalau belum begadang, berarti belum total belajar? Kata siapa? Justru kita perlu istirahat yang cukup kalau lagi masa-masa ujian. Tidur yang cukup sangat penting buat menjernihkan pikiran kita. Tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam sehari.

 

U:  Ujian kakak kelas

Saat yang tepat buat mulai minta soal ujian atau latihan soal tahun lalu dari kakak kelas, nih. Kita pasti bakal dapat gambaran lebih jelas tentang soal-soal yang diujikan.

 

V: Visual

Tipe belajar tiap orang berbeda-beda, ada yang audio seperti mendengarkan guru atau teman menjelaskan materi. Ada juga yang visual. Nah, buat kita yang punya tipe belajar secara visual, coba bikin mind mapping, yuk! Bakal memudahkan pencernaan materi banget, nih. Hi-hi.

 

W: Website

Enggak cuma dari e-learning doang, kita juga bisa dapat banyak pengetahuan dari internet. Kita bisa browsing berbagai materi dari berbagai website. Siapa tahu mendapat informasi lebih dari situ.

 

X: Xerox

Kenal dengan mesin satu ini? Yap, mesin fotokopi! Salah satu teknologi yang berguna banget buat pelajar kayak kita. He-he. Saatnya buat melengkapi catatan atau halaman-halaman buku yang hilang dengan mesin ini. Mulai dari sekarang, yuk, biar persiapan makin mantap!

 

Y: Youtube

Belajar secara visual juga bisa dilakukan dengan nonton video-video yang berhubungan dengan pelajaran-pelajaran yang akan diujikan.

 

Z: Zip in your mind!

Yang paling penting dari semua itu, kita harus bisa mempersiapkan otak dan hati buat menghadapi ujian. Supaya semua yang udah dipelajari bisa tersimpan di otak sebaik-baiknya. Pokoknya, kalau kita belajar tekun yang diimbangi dengan istirahat cukup, semua materi yang udah dipelajari pasti bisa dicerna, deh!

 

(nana, foto: buddytv.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN