Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 4 April 2014

Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 2)

Supaya makin mantap menghadapi ujian, coba cek satu per satu, yuk, persiapan kita mulai dari huruf A sampai Z. He-he-he.

 

I: Istirahat

Belajar memang penting, tapi persiapan menghadapi ujian enggak cuma itu, girls. Kita harus bisa menyeimbangkan kondisi otak dan kondisi tubuh. Kalau memang udah capek setelah belajar terus seharian, enggak ada salahnya buat istirahat sejenak. Bahkan, sehari penuh melepas stres belajar juga enggak apa-apa, kok. Kita kosongkan waktu sehari dari urusan sekolah, PR, latihan soal, dan sebagainya buat refreshing ke tempat-tempat favorit. He-he-he.

 

J: Jadwal

Ini juga persiapan yang penting banget yaitu organisasi waktu. Belajar buat ujian yang berat seperti Ujian Nasional tentu enggak butuh waktu sehari atau dua hari. Tapi, kita harus bisa belajar dari jauh-jauh hari. Makanya, mulai pandai-pandai mengatur jadwal harian, yuk! Sehingga, persiapan kita lebih matang nanti.

 

K: Kata Kunci

Nah, selain bikin akronim atau singkatan, kata kunci juga bisa memudahkan kita dalam menangkap materi-materi pelajaran hafalan. Misalnya, kita harus menghafal sejarah kerajaan Hindu- Buddha di Indonesia. Kita bisa mengambil kata kunci dari tiap kerajaan. Sosok, tokoh, kejadian, atau tragedi apa yang paling terkenal dari tiap kerajaan bisa jadi keyword buat mengingat.

 

L: Latihan soal

Practice makes perfect! Semakin banyak berlatih, semakin mahir juga kita dalam mengerjakan soal-soal. Metode ini cocok banget buat kita yang lagi menghadapi UN. Kita bisa belajar dari berbagai buku bank soal di mana kebanyakan dari soal-soal itu pasti punya pola yang sama. Misalnya, pelajaran Bahasa Inggris yang punya pola listening, reading, dan vocabulary. Pastinya kalau sering latihan, kita akan terbiasa dengan soal-soal yang akan diberikan nanti.

 

M: Makan dan minum

Sama seperti istirahat, badan pun butuh makan dan minum. Ada aja, lho, yang sampai lupa makan dan minum gara-gara terlalu serius belajar. Nah, jangan sampai begitu ya, girls. Biar bagaimana pun, tubuh perlu asupan gizi di mana hal itu bakal ngaruh sama kinerja otak kita.

 

N: Nongkrong sendiri

Belajar sendiri enggak kalah seru sama belajar bareng teman-teman. Coba, deh, luangkan satu hari buat me time di kafe atau resto dekat rumah. Bawa laptop dan beberapa buku buat menemani kita di sana. Lumayannn...bisa dapat suasana baru selain di rumah dan sekolah.

 

O: Olahraga

Olahraga juga penting buat menjaga kesehatan kita sebelum ujian nanti. Belajar terus bikin kita jarang beraktivitas fisik. Seenggaknya, rutin melakukan lari sore tiap hari atau yoga seminggu sekali bisa membuat kita lebih fit!

 

P: Perpustakaan

Salah satu tempat nongkrong yang sangat kondusif buat belajar. He-he-he. Perpustakaan enggak cuma menyediakan buku-buku aja, tapi juga menyediakan suasana yang pas buat kita yang susah fokus belajar dan gampang terganggu sama TV, hape, teman, dan lain-lain.

 

Q: Questions

Bikin daftar pertanyaan soal materi-materi yang belum kita kuasai. Kita bisa nanya dan diskusi ke teman-teman. Atau, langsung nanya ke guru buat materi-materi yang susah banget dimengerti.

 

(nana, foto: buddytv.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN