Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 4 April 2014

Persiapan Ujian Dari A Sampai Z (Bagian 1)

Supaya makin mantap menghadapi ujian, coba cek satu per satu, yuk, persiapan kita mulai dari huruf A sampai Z. He-he-he.

 

A: Akronim dan singkatan

Semua materi yang berhubungan dengan hafalan bisa kita pelajari dengan metode ini. Caranya, kita tinggal membuat akronim atau singkatan pada poin-poin pernyataan yang pengin dihafalkan. Dijamin bakal lebih mudah mengingat, deh!

 

B: Bahan ujian

Biasanya, bahan-bahan ujian udah dipersiapkan dan diberitahukan terlebih dulu oleh para guru. Dan, itu berarti adalah bahan-bahan yang memang penting dan berguna buat kita. Jadi, enggak perlu menghabiskan banyak waktu di materi-materi lain. Lebih baik fokus sama bahan-bahan yang udah diberikan.

 

C: Catatan

Kita juga harus melengkapi catatan-catatan pelajaran kita di sekolah. Jadi, enggak ada salahnya mulai dari sekarang kita mulai mencari pinjeman catatan yang belum lengkap ke teman-teman. Kita juga harus lebih rajin lagi di kelas buat mencatat penjelasan dari guru yang mungkin enggak ada di buku-buku paket pelajaran.

 

D: Doa

Ini salah satu poin yang penting banget yang bakal turut menyukseskan ujian kita nanti. Dengan berdoa, kita pasti bakal dapat ketenangan jadinya enggak bakal nervous pas hari H ujian. Soooo...jangan lupa berdoa, ya! Tapi jangan pas mau ujian aja, setiap hari juga kita harus berdoa. He-he-he.

 

E: E-learning

Di era teknologi dan informasi, seru juga kalau kita nyoba gaya belajar lewat e-learning. Kita bisa dapat banyak bahan, materi, juga latihan soal dari e-learning.

 

F: Friends

Belajar bareng teman-teman pastinya lebih seru. Kita bisa bertukar pikiran dan berdiskusi di situ. Lagian, bertanya ke teman pasti lebih seru, kan? Seperti ngobrol dan situasinya pun enggak terlalu kaku kayak kalau kita nanya ke guru.

 

G: Gadget

Jangan cuma buat update status di socmed, kita juga bisa manfaatin gadget buat persiapan ujian. Ehhh...tapi bukan buat nyontek, ya! He-he. Gadget benar-benar bisa mendukung kita dalam belajar misalnya membuat catatan, jadwal, reminder, mengecek email, browsing, sampai ngerjain soal-soal. Karena bentuknya mudah dibawa, belajar pun bisa di mana saja.

 

H: Homework

Pihak sekolah pastinya juga udah mempersiapkan kita buat menghadapi ujian. Salah satunya adalah memberi kita tugas-tugas. Nah, jangan keburu males, justru kita harus excited! Itung-itung kalau kita mengerjakan PR berarti kita udah menyicil juga buat belajar pas ujian nanti.

 

(nana, foto: buddytv.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN