periods 101

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 13 November 2012

periods 101

Bingung kenapa telat menstruasi? Atau mengalami keputihan? Dr. Maya Trisiswati menjawab kebingungan kita lewat enam pertanyaan seputar menstruasi dan organ kelamin kiriman teman-teman di bawah ini.

 

1.    Aku sudah hampir dua bulan belum menstruasi, kenapa ya? Apa karena pengaruh stres?

Jangan berkecil hati, hal ini biasa terjadi pada remaja. Karena pada usia remaja belum mempunyai siklus menstruasi yang teratur, kadangkala menstruasi dialami dua sampai tiga bulan kemudian. Tapi, kemudian bisa saja dialami sebulan dua kali. Stres juga bisa mempengaruhi hormon yang ikut bertanggung jawab untuk siklus menstruasi. Jadi, sebisa mungkin kita harus hindari stres, ya.


2.    Menstruasi yang teratur itu siklus normalnya dalam berapa minggu sekali?

Jika dirata-rata, biasanya siklus menstruasi berkisar 28 sampai 35 hari atau setiap 1 bulan sekali. Tapi, jarang sekali remaja yang mempunyai siklus menstruasi yang tetap.


3.    Gimana caranya agar siklus menstruasi teratur? Apakah ada makanan atau minuman tertentu yang harus rutin dikonsumsi?

Tidak ada cara khusus atau makan dan minuman tertentu untuk mengatur siklus menstruasi supaya teratur. Tetapi, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan remaja agar proses tumbuh kembangnya optimal.


4.    Kalau lagi menstruasi, perutku selalu sakit banget, sampai mengganggu aktivitas. Gimana cara menghilangkan sakit selama mens?

Rasa sakit perut yang ditimbulkan pada saat menstruasi adalah karena kontraksi rahim yang meluruhkan atau merontokan dinding rongga dalamnya (endometrium) sebagai darah menstruasi. Rasa sakit bisa dikurangi dengan mengkompreskan botol atau karet kompres berisi air hangat ke perut. Bisa juga dengan minum teh manis hangat dan beristirahat. Sebagian remaja ada juga yang melakukan olahraga ringan untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Yang perlu dilakukan adalah meyakini diri bahwa (sakit) menstruasi merupakan peristiwa alamiah yang semua remaja perempuan mengalaminya. Keyakinan ini bisa membangun sugesti untuk melupakan rasa sakit. Namun, apabila sakit tidak tertahankan , mintalah pertolongan dokter.


5.    Kadang aku suka keputihan, walaupun enggak sering tapi aku agak khawatir. Keputihan itu berhubungan sama kanker serviks enggak, Dok? Gimana cara menghilangkan keputihan? Apa saja penyebabnya?

Salah satu gejala kanker rahim adalah keputihan yang lama atau menahun dengan warna kekuningan. Remaja keputihan biasanya disebabkan karena jamur atau bakteri. Menjaga kebersihan dan mengendalikan kelembaban alat reproduksi adalah dua hal penting yang harus dilakukan remaja. Bila sudah menjalani dua hal tersebut tapi masih keputihan, segera ke dokter, mungkin ada infeksi yang harus diobati tuntas.


6.    Aku bingung cara menjaga kesehatan organ kelamin. Sebaiknya dengan cara yang bagaimana?

Caranya adalah dengan mengganti celana dalam minimal dua kali sehari setelah mandi. Celana dalam sebaiknya dari bahan katun yang bisa serap keringat, jangan terlalu ketat memakai celana dalam. Bersihkan alat reproduksi saat buang air kecil atau besar dengan air bersih dari arah depan kebelakang. Selalu keringkan dengan tisu toilet atau handuk berbahan halus. Jangan terlalu sering memakai celana jins atau celana yang berlapis-lapis. Bila sedang menstruasi gantilah pembalut setiap buang air atau setiap 3 sampai 4 jam sekali


(isma, foto:dok. neurohealthchiro.com.au)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN