Penyebab Stres Sebelum Ujian

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 3 April 2014

Penyebab Stres Sebelum Ujian

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kita mengalami stres sebelum ujian. Menurut Dina Dwiartanti, M.Psi., Psi, psikolog dari Seven Counsulting, ada beberapa hal yang menjadi pemicunya, bisa dari faktor eksternal maupun internal.

 

Faktor Internal:

Kurang persiapan

Hayo, ngakuuu! Jangan-jangan kita baru belajar ketika sudah dekat dengan waktu ujian, ya? Persiapan yang kurang bikin kita semakin terburu-buru dalam belajar dan ujung-ujung merasa terbeban dengan kegiatan belajar ini.

 

Pengalaman buruk

Pernah mengalami kegagalan waktu ujian yang lalu pun bisa menjadi pemicu stres buat pelajar. Kadang kita takut dapat nilai yang buruk lagi dan itu jadi beban tambahan buat kita.

 

Minat yang beda

Enggak semua orang punya minat yang sama. Ada yang suka kesenian, bahasa, matematika, atau olahraga. Jadi ketika seseorang dituntut untuk bagus di semua bidang, ini bisa bikin kita stres. Padahal, kalau kita bagus di bidang yang spesifik pasti akan lebih baik, kan?

 

Faktor eksternal:

Tuntutan orangtua

Ada beberapa kasus yang penyebabnya adalah tuntutan dapat nilai tinggi dari orangtua kita sendiri. Memang, sih, enggak salah kalau orangtua mengharapkan yang terbaik dari kita, tapi mungkin kita juga harus menjelaskan ke orangtua kalau nilai tinggi bukanlah segalanya.

 

Persaingan ketat

Teman-teman kita termasuk yang ambisius belajar? Ini bisa jadi pemicu kita mengalami stres ketika mau ujian. Persaingan untuk dapat peringkat teratas dan enggak mau dicap bodoh, membuat kita mau enggak mau belajar melebihi kemampuan kita.

 

(audrey, foto: tvfirstlook.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN