Penyebab Rasa Gatal Pada Area Miss V

Published by : Marti Posted on : Senin, 15 September 2014

Penyebab Rasa Gatal Pada Area Miss V

Merasa area miss V kita selalu gatal? Jangan-jangan ada masalah di area miss V kita. Kalau enggak perhatian dengan area miss V, kita bisa terserang penyakit berbahaya yang bisa mengganggu fungsi reproduksi bahkan berakibat fatal! Biar bisa terus waspada, cari tahu yuk beberapa penyebab rasa gatal pada area miss V.

 

Infeksi

Penyebab utama kita merasa gatal bisa jadi karena terjadi infeksi di miss V kita. Infeksi pada miss V disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena infeksi bakteri, luka lecet akibat pemakaian pembalut terlalu lama atau infeksi yang disebabkan oleh virus. Salah satu infeksi paling sering ditemui disebabkan oleh bakteri, Candida albicans dan sejenis protozoa, Trichomans. Saat kita merasa gatal, secara enggak sengaja kita menggaruk area miss V kita hingga lecet. Nah, luka ini bisa memperburuk infeksi yang ada di dalam tubuh kita. Apalagi saat cairan miss V berubah warna dan menimbulkan bau enggak sedap.

 

Baca juga: Bahaya Yang Harus KIta Tahu Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

 

Iritasi

Selain infeksi, bisa jadi rasa gatal disebabkan oleh iritasi akibat pemakaian produk tertentu. Misalnya pembalut, pantyliners, tisu, sabun atau bahan yang kita pakai saat mencuci pakaian. Iritasi biasanya disertai rasa panas dan kemerahan. Rasa gatal pada iritasi harus cepat ditangani supaya enggak terjadi infeksi yang berakibat serius.

 

Hormon

Hormon juga ikut berperan terjadinya rasa gatal pada miss V kita. Biasanya menyerang wanita dewasa yang sudah menopause. Fase ini normal, soalnya terjadi penipisan dinding saluran miss V dan cairan berkurang. Makanya area miss V kita jadi kering dan gatal.

 

Baca juga: Waspada Toxic Shock Syndrome Akibat Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

 

Pakaian Dalam Terlalu Ketat

Pemakaian celana dalam terlalu ketat juga bisa memicu terjadinya rasa gatal pada area miss V. Hal ini terjadi karena area ini menjadi lembab hingga bakteri berkembang biak dengan baik. Supaya terhindari dari penyebaran bakteri pastikan kita menyeka miss V setelah buang air dengan tisu sampai kering. Pakai celana dalam dari bahan yang menyerap keringat dan enggak ketat supaya kulit bisa bernafas dengan baik.

 

 

(stefanie, foto: tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN