Pentingnya Posisi Tidur di Sebelah Kanan

Published by : Marti Posted on : Kamis, 27 Februari 2014

Pentingnya Posisi Tidur di Sebelah Kanan

Enggak cuma postur berdiri atau duduk aja yang penting, saat tidur kita juga harus punya posisi yang baik dan benar. Salah satu posisi tidur yang benar adalah dengan menghadap ke sebelah kanan. Posisi tidur seperti ini sangat bagus buat kesehatan kita, lho.

 

Mengurangi beban jantung

Posisi jantung manusia lebih condong berada di sebelah kiri. Dengan tidur menghadap ke kanan, hal itu akan mengurangi beban jantung tertimpa organ tubuh lain. Sedangkan, kalau kita tidur di posisi sebelah kiri, jantung akan menerima aliran darah yang berlebihan. Denyut jantung pun menjadi lebih cepat, padahal jantung butuh istirahat saat kita tidur.

 

Mengistirahatkan otak sebelah kiri

Kenapa cuma mengistirahatkan otak sebelah kiri aja? Karena otak kiri punya fungsi untuk membantu organ-organ di sebelah kanan untuk bekerja dengan baik. Misalnya untuk makan, memegang sesuatu, dan aktivitas lain yang dominan menggunakan organ tubuh kanan. Dengan posisi tidur menghadap kanan, kerja otak kiri pun akan lebih rileks untuk menyokong kerja organ tubuh kanan.

 

Menjaga paru-paru

Girls, paru-paru kiri manusia lebih kecil daripada paru-paru kanan. Makanya, kalau posisi tidur kita menghadap ke sebelah kanan, jantung enggak akan membebani paru-paru kanan. Sebaliknya, kalau tidur ke sebelah kiri, jantung akan menimpa paru-paru yang berukuran kecil. Pastinya, lebih enggak baik buat kesehatan kita.

 

So... Mulai sekarang, kita coba membiasakan diri untuk tidur di posisi sebelah kanan yuk, girls! Supaya kerja jantung, otak, dan paru-paru kita lebih optimal dan sehat.

 

(nana, foto: infokids.gr)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN