Pentingnya Ngobrol tentang Seks dengan Orangtua

Published by : Marti Posted on : Senin, 5 Mei 2014

Pentingnya Ngobrol tentang Seks dengan Orangtua

Kita biasa ngobrol tentang apa saja dengan orangtua. Mulai dari soal sekolah, soal sahabat-sahabat kita, curhat masalah cewek, bahkan kadang soal pacar atau gebetan kita. Tapi terkadang kita masih canggung dan ragu kalau ngobrolin soal seks ke mereka. Padahal, ngobrol soal seks dengan orangtua itu penting dan banyak keuntungannya, lho.

 

Info lebih akurat

Kita pasti penasaran kalau sudah menyangkut masalah seks. Bukan cuma tentang isu hubungan seksual dengan laki-laki aja, tapi bisa menyangkut masalah menstruasi, kegiatan-kegiatan yang bahaya kalau pacaran, masalah pelecehan seksual, dan masih banyak lagi. Kenapa kita harus ngomongin masalah seks dengan orangtua? Salah satunya untuk mendapat info yang lebih akurat. Mereka pernah berada di situasi yang kita alami, yaitu menjadi remaja yang lagi mengalami masa puber.

 

Ngobrol lebih leluasa

Lebih canggung mana, ngobrol tentang seks dengan orangtua atau dengan guru yang mengajarkan sex education di kelas? Pastinya dengan orangtua dong. Kita bisa tanya tentang berbagai hal sampai ke hal yang paling detail. Orangtua juga pasti lebih mengerti tentang keingin-tahuan kita disbanding yang lain.

 

Orangtua jadi sadar kita beranjak dewasa

Kadang orangtua enggak sadar kalau anak remajanya beranjak dewasa dan semakin sadar dengan hal yang berbau seksual. Dengan mengajak orangtua ngobrol soal seks, itu bisa menyadarkan mereka kalau kita sudah dewasa dan memaklumi kalau kita penasaran soal hal yang satu ini. Sehingga ke depannya, mereka akan lebih leluasa dan santai kalau membahas soal seks.

 

Tahu dari sumber yang tepat

Kita biasanya tahu info soal seks dari sex education di sekolah, film, obrolan bareng sahabat, atau kita cari-cari tahu sendiri. Yang bahaya adalah kalau kita cari info sendiri dan mendapatkan info yang salah sehingga kita mengambil langkah yang salah. Daripada hal itu terjadi, lebih baik kalau kita ngobrol berdua dengan si mama. Kita bisa dapat info yang sesuai kebutuhan kita, enggak lebih dan enggak kurang.

 

Supaya kita enggak merasa canggung ngobrolin masalah seks dengan orangtua, kita bisa lihat beberapa tips-nya di sini.

 

(audrey, foto: sheknows.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN