Pengaruh Siklus Menstruasi Pada Kondisi Tubuh Kita

Published by : Muti Siahaan Posted on : Rabu, 10 Februari 2016

Pernah merasa  badan kita  enggak enak  saat menjelang menstruasi, atau di saat lain, kita merasa bersemangat dan kuat melakukan apa aja? Ternyata ini ada  hubungannya dengan siklus menstruasi, girl.  Walau pun untuk remaja seumuran kita siklusnya belum selancar orang dewasa tapi tetap aja bisa mempengaruhi kita.   Siklus menstruasi tiap cewek berbeda-beda tapi rata-rata berkisar antara 24 – 32 hari. Nah setiap minggunya ada perubahaan yang terjadi juga pada tubuh kita.

 

Pengaruh siklus menstruasi pada kondisi tubuh kita
Menstruasi membuat tubuh kita enggak dalam kondisi prima

Minggu pertama:  Menstruasi

Umumnya menstruasi terjadi antara tiga sampai tujuh hari. Karena kita sedang enggak hamill, maka pada masa ini  uterus sedang meluruhkan banyak nutrisi dari tubuh. Bentuknya yang paling jelas adalah dalam bentuk darah. Namun selain itu, tubuh kita juga jadi enggak dalam  kondisi prima. Efek yang paling terasa kadang kita merasa sering keram,  lemas dan cepat lelah.  Ada juga yang merasakan payudaranya jadi sedikit mengembang.   Lemahkan level estrogen dalam tubuh membuat kita kadang sering pusing.

 

Minggu ke dua: siap ovulasi

Setelah selesai menstruasi, pada seminggu berikutnya hormon estrogen dan testoterone siap naik. Ratusan sel telur muda mulai muncul kembali dalam rahimkita. Pada masa ini kita mulai berenergi dan tubuh enggak sesakit saat mengalami menstruasi.  Kita semangat untuk melakukan banyak hal.

 

 

Pengaruh siklus menstruasi pada kondisi tubuh kita
Pada masa ovulasi suhu tubuh kadang meningkat

Minggu ke tiga:  ovulasi

Boleh dibilang tubuh kita ada pada fase pertengahan dari siklus kita. Pada masa ini sel telur mulai matang dan siap dilepaskan dari rahim kita. Selama masa ini estrogen  dan testoterone akan mengambang di dalam  fallopian tube sekitar tiga hari. Level progesterone akan meningkat selama seminggu.

 

Suhu tubuh  kita akan sedikit meningkat. Dengan meningkatnya level progesterone akan membuat tubuh  kita agak kaku. Pada beberapa orang kadang mengalami sakit dibagian tengah perut. Ini terjadi karena ovaries siap-siap melepaskan sel telur.

 

Minggu keempat : PMS

Pas udah familiar dengan istilah PMS kan ya. Setelah di minggu sebelumnya tubuh sudah melepaskan banyak progesterone. Maka pada  minggu keempat ini yang banyak dilepaskan adalah estrogen. Pada masa ini tubuh kita akan mulai merasa keram, perut kembung,  payudara terasa sakit, pusing, muncul jerawat . Dan sering juga pada masa ini kita terus-terusan merasa lapar. 

 

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN