Pengaruh Negatif Facebook Buat Cewek (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 27 April 2014

Pengaruh Negatif Facebook Buat Cewek (Bagian 2)

Hasil studi dari konferensi tahunan International Communication Association, Seattle, menemukan bahwa cewek yang menghabiskan banyak waktu di Facebook cenderung berpikiran negatif soal tubuh mereka. Apa aja sih pengaruh negatif Facebook buat cewek?

 

Pengin banget kurus

Penelitian lain mengenai hubungan antara gangguan makan dengan Facebook pernah dilakukan terhadap 103 mahasiswi, dan diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, dan Social Networking  pada 2013.

 

Terlihat, cewek yang menghabiskan kebanyakan waktunya habis untuk aktivitas berfoto-foto di Facebook cenderung menanamkan citra tubuh yang ideal dalam diri, yaitu yang kurus. Mereka tidak puas dengan berat badan, dan selalu terpacu untuk menjadi kurus.

 

Claire Mysko, seorang ahli citra tubuh yang mengawasi program Proud2Bme di National Association Eating Disorder, menyarankan penggunanya untuk berhati-hati terhadap setiap pengaruh yang ditimbulkan oleh jejaring sosial. Media sosial justru harus menjadi alat positif yang memberikan edukasi, informasi, dan sosialisasi kepada masyarakat luas.

 

"Masyarakat, khususnya remaja dan anak-anak, adalah kelompok usia yang rentan terhadap pengaruh Facebook. Gangguan makan yang terjadi di Amerika pada sebagian remaja wanita sebagian besar dipicu obsesi yang berlebih akan tubuh kurus seperti supermodel di Facebook," jelas Claire Mysko. (Ridho Nugroho/ Shine)

 

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

 

(tabloidnova.com, foto: theguardian.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN