Pengaruh Negatif Facebook Buat Cewek (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 27 April 2014

Pengaruh Negatif Facebook Buat Cewek (Bagian 1)

Hasil studi dari konferensi tahunan International Communication Association, Seattle, menemukan bahwa cewek yang menghabiskan banyak waktu di Facebook cenderung berpikiran negatif soal tubuh mereka. Apa aja sih pengaruh negatif Facebook buat cewek?

 

"Perhatian yang dicurahkan para mahasiswi pada atribut fisiknya bisa lebih berbahaya jika didapatkan dari Facebook, ketimbang dari media tradisional. Dampak posting -an gambar-gambar cewek bertubuh langsing di Facebook menjadi lebih kuat karena para perempuan itu adalah teman-teman mereka sendiri, bukan selebriti," papar Yusuf Kalyango, peneliti yang juga profesor bidang jurnalistik di Universitas Ohio.

 

Kalyango menambahkan, menjadikan cewek sebagai objek di dunia online, dan perbandingan sosial yang terjadi, bisa mengembangkan rasa malu terhadap citra tubuh.

 

Karena melihat foto teman

Kalyango dan peneliti lain dari Universitas Lowa dan Universitas Strathclyde di Skotlandia melakukan survey kepada 881 mahasiswa perempuan di Midwest mengenai kaitan Facebook dengan citra tubuh. Responden juga ditanya mengenai kebiasaan olahraga dan pola makannya.

 

Hasil survey menunjukkan, semakin banyak responden yang khawatir dengan penampilan fisik mereka, dan merasa lebih buruk setelah melihat foto teman-teman mereka di Facebook. Mereka yang pada dasarnya memiliki citra tubuh yang rendah adalah yang paling terpengaruh oleh Facebook.

 

"Untuk cewek yang ingin langsing, waktu yang mereka habiskan di Facebook memprediksikan perhatian yang lebih besar terhadap penampilan fisik dan perasaan negatif," demikian salah satu kesimpulan pada studi tersebut.

 

Lanjut baca dengan klik di sini.

 

(tabloidnova.com, foto: nationalgeographic.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN