Penelitian Soal Kenapa Kita Suka Dengerin Lagu Sedih Waktu Galau

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 29 Januari 2015

Penelitian Soal Kenapa Kita Suka Dengerin Lagu Sedih Waktu Galau

Dua orang peneliti, Annemieke Van den Tol dan Jane Edwards, penasaran mengapa kala galau atau sedih, banyak orang yang mendengarkan lagu-lagu yang justru membuat mereka merasa lebih terpuruk.  Ini dia hasil penelitian soal kenapa kita suka dengerin lagu sedih ketika galau

 

(Baca juga: Dengarkan 3 Lagu Galau Ini Kalau Hubungan Lagi Renggang)

 

Lirik lagu sedih sesuai emosi galau

Saat  sedang resah dan galau, secara alamiah kita mencari "pegangan" untuk menenangkan perasaan yang lagi terombang-ambing. Biasanya, lirik-lirik pada lagu balad atau sedih bisa mengidentifikasikan emosi yang kita rasakan. Selain itu, juga  mengandung pesan yang dapat menguatkan hati yang lagi hancur. 

 

Lagu sedih membantu kita menyadari perasaan

Sebelum kita mengakui pada diri sendiri soal kegagalan yang mereka alami, biasanya lagu sedih menjadi sesuatu yang mengalihkan perhatian. Tapi kemudian membantu kita dalam menyadari perasaan kita.  Menurut penelitian lagu sedih dengan lirik menyentuh memang lebih laris dibandingkan jenis lainnya.

 

(Baca juga: Lagu-Lagu Sedih Justin Bieber Buat Kita Yang Lagi Galau Mantan)

 

Tapi, menurut Van den Tol, musik sedih enggak bisa menyelesaikan masalah secara tuntas yang bergejolak dalam hati. Selain itu, lagu sedih juga menunjukkan ketidakmampuan kita menghadapi persoalan yang sebenarnya.

 

Mengenang pengalaman masa lalu

Ada juga orang yang menggunakan musik balada untuk mengenang pengalaman masa lalu, mau yang terindah ataupun terburuk mereka dengan seseorang. Menurut Edwards, cara ini sebenarnya hanya akan bikin kita makin galau dan sama sekali enggak bisa mengubah keadaan ataupun suasana hati kita. (Sumber: Psychology Today)

 

(Baca juga: Ngomongin Patah Hati Lewat Lirik Lagu Miley Cyrus)

 

(agustina/female.kompas.com, foto: tumblr.com)

 

#kaWankuArticleHunt Kode: PSKK15KWK

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN