Penelitian Membuktikan Kita Maksimal Hanya Bisa Punya Sahabat 5 Orang

Published by : Muti Siahaan Posted on : Jumat, 20 Mei 2016

Penelitian Membuktikan Kita Maksimal Hanya Bisa Punya 5 Orang Sahabat

         Kabar buruk buat kita yang mengaku punya banyak sahabat dekat! Laporan yang ditulis di  MIT Technology Review menyebutkan kita hanya bisa punya sahabat paling banyak lima orang.  Laporan ini didasari oleh penelitian lama yang dilakukan oleh seorang Antropolog tahun 90an, Robin Dunbar yang mengamati primata.

         Dia melihat adanya hubungan antara ukuran otak dengan besarnya grup yang dimiliki. Semakin besar otak primata, semakin besar juga grup yang dimiliki.  Menurutnya karena keterbatan ukuran otak manusia-lah, lima adalah jumlah maksimal yang mampu tampung.  Menurutnya 5 adalah sahabat terdekat,  10 teman dekat, 35 teman dan 100 hingga lebih adalah kontak tambahan.

 

       Dunbar juga kemudian menguatkan teorinya dengan melakukan pengamatan pada 6 milyar telepon yang dilakukan oleh 35 juta orang secara acak di berbagai negara di Eropa sejak tahun 2007 hingga sekarang.  Timnya melakukan penelitian pada  interaksi lewat smartphone dan social media. Hasilnya  menunjukkan  bahwa rata-rata satu orang berhubungan paling intense dengan 4,1 orang. Lapisan kedua yang paling sering dihubungi  adalah 11 orang, kemudian 29,8 orang dan 128,9 orang.  Jumlah ini secara enggak langsung makin menguatkan teorinya bahkan manusia memang maksimal punyat sahabat dekat 5  orang.

      Bisa jadi kita merasa punya banyak sahabat tapi coba ingat-ingat lagi, pasti hanya sekitar 5 orang yang bisa dekat banget dengan kita.

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN