Peduli Lingkungan Dengan Pola Makan (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 22 Juni 2014

Peduli Lingkungan Dengan Pola Makan (Bagian 1)

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk peduli dan menyelamatkan lingkungan, termasuk dengan pola makan yang go green.

 

Biasakan makan di rumah

Mau nonton, ketemu teman di mall, sebaiknya  makan dulu sebelum pergi.Ini bisa mengurangi sampah makanan lho. Kok bisa? Iya, kalau kita pergi dengan perut kosong ada kencenderungan kita setelah beberapa jam kemudian lapar dan akhir membeli cemilan yang pastinya menyumbang banyak sampah makanan.

 

(baca juga: Apakah Kamu Sahabat Bumi)

 

Bawa tumbler

Cara paling gampang untuk mengurangi sampah minuman adalah membawa tumbler atau botol minum sendiri. Sekarang sudah ada juga botol minum yang bisa dilipat ketika kosong. Makin praktis,deh.

 

Bawa bekal

Untuk mengurangi sampah makanan karena jajan di kantin atau di kaki lima, kita bisa bawa makanan sendiri. Sudah pasti lebih sehat dan lebih enak. Enggak hanya itu, bekal sendiri pun hemat biaya.  Beli deh kotak makanan dengan gambar yang lucu dan warna yang seru biar makin semangat.

 

(baca juga: DIY Bikin Taman Vertikal Yuk)

 

Kurangi take away

Ketika lagi jalan-jalan ke mall dan perut kosong, enaknya sih keliling mall sambil nyemil. Kebiasaan ini makin menambah sampah makanan,lho. Lebih baik kita duduk di café atau food court di mana kita bisa bilang pada penjualnya kita mau makan di situ dan mereka akan menghidangkannya dengan piring, bukan stereofoam atau plastik.  Hindari juga penggunaan wadah plastik kecil  untuk saos atau sambal. Cukup tuangkan saos atau sambal di pinggir piring kita.

 

Berbagi cemilan

Cemilan seperti kripik,  cookies atau cokelat memang enak jadi teman belajar atau ngobrol. Dari pada membeli begitu banyak jenis cemilan dalam ukuran kecil-kecil, sebaiknya kita membeli dalam ukuran besar. 

 

(baca juga: Ashley Benson, Gunakan Blog untuk Kampanye Penyelamatan Laut)

 

Dengan membeli ukuran besar akan mengurangi sampah makanan. Kalau takut nanti enggak habis dan jadi melempem, kita bisa beli klip penjepit plastik makanan yang menjamin makanan tetap renyah.  Putuskan bersama-sama cemilan mana yang mau kita beli. Harus yang disukai semua orang ya.

 

Lanjut baca dengan klik di sini.

 

(muti, foto: hancinema.net)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN