Password Therapy: Mewujudkan Impian Dengan Password

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 21 Oktober 2014

Password Therapy: Mewujudkan Impian Dengan Password

Punya password itu penting banget buat kita yang punya berbagai akun di internet. Mulai dari email, Facebook, Twitter hingga Path. Pastinya, kita juga harus menghafal pasword yang kita miliki. Kalau enggak kan, ribet juga ya? Ternyata dibalik menghafal password itu kita bisa mewujudkan impian atau harapan kita lho. Istilah kerennya adalah password therapy. Ide ini muncul dari Mauricio Estrella, seorang creative director di Shanghai. Dia menggunakan cara yang unik untuk mengingat passwordnya.

 

Ini bermula dari keinginannya mencari cara untuk melupakan kemarahan pada mantan istrinya. Akhirnya dia menyalurkan dengan membuat password  Forgive@her. Saat dia mengetik password itu, tanpa dia sadari kata itu memberikan efek pada dirinya dan dia pun berhasil memaafkan mantan istrinya. Dia pun mencoba ini untuk hal yang lain. Dia membuat password baru yaitu QuitSmoking4Ever dan ternyata berhasil juga.

 

Menurut Psikolog  Ann Kearney-Cook dari Cincinnati Psychotherapy Institute,  hal ini bisa terjadi karena, dengan membuat password dan menggunakannya setiap hari, orang jadi lebih fokus pada hal yang mereka inginkan. Dan membuang semua pikiran negatif yang ada.  Secara emosional dan tanpa sadar pikiran kita terbawa pada  kata atau kalimat yang ada pada password yang kita buat itu. " Manusia itu kan pada dasarnya digerakan oleh emosi."

 

Jadi kalau kita punya hal yang mengganjal atau kebiasaan buruk yang ingin kita ubah, kita bisa menggunakan password untuk memberikan semangat pada diri sendiri. Misalnya, ingin rajin bangun pagi. Kenapa enggak kita membuat password dengan; Bangunpagi.  Enggak hanya itu, lho. Kita bisa juga membuat password berdasarkan cita-cita yang kita inginkan. Kita pilih salah satu kata yang mewakili keinginan kita. Pilih kata yang gampang diingat dan enggak terlalu panjang.

 

Kombinasikan dengan huruf

Namun kata yang kita pilih enggak jaminan kalau password kita bakal aman. Lujo Bauer, profesor yang mempelajari soal password dari Carniegie Mellon University, mengatakan, saat membuat password theraphy ini sebaiknya kita tetap mengkombinasikan antara huruf dan angka pada password kita. Bisa juga dikombinasikan dengan huruf besar juga. Misalnya, impian kita liburan ke Eropa setelah lulus. Maka pasword kita, daripada menulis Eropa2016, lebih aman dengan menuliskan Er0P4-2016. 

 

Sudah punya cita-cita yang bisa dijadikan password? 

 

(muti, foto: tumblr)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN