Panduan Membuat Esai Beasiswa (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 25 April 2014

Panduan Membuat Esai Beasiswa (Bagian 2)

Saat mendaftar untuk beasiswa, esai jadi hal yang diperhatikan sekaligus penentu kita untuk diterima atau enggak. Makanya, penting banget untuk bikin esai yang tepat. Ini dia panduan membuat esai beasiswa!

 

Perhatikan bahasa

Esai untuk beasiswa biasanya dibuat dalam Bahasa Inggris. Karena itu perlu banget memerhatikan masalah ketepatan bahasa. Mulai dari logika kalimat, pemilihan kata dan tentu saja grammar.

 

Kalau memang belum lancar menulis langsung dengan Bahasa Inggris, buat dulu dalam Bahasa Indonesia. Minta bantuan teman atau guru yang jago Bahasa Inggris untuk membimbing, bukan membuatkan. Kalimat yang dibuat harus tepat, singkat dan jelas langsung menyampaikan ide utama, alias enggak berbelit-belit.

 

Periksa kembali dengan detil

Setelah selesai, tinggalkan dulu esai tersebut selama 15 - 20 menit. Setelah itu baca kembali secara detil dan menyeluruh. Periksa, jangan sampai ada kesalahan penulisan, salah ketik, salah ejaan, penyusunan kata yang buruk, atau pun logika dan tata bahasa.

 

Minta bantuan

Sebelum dikirimkan, mintalah teman tau guru yang punya keterampilan menulis dan bahasa yang baik atau berpengalaman bikin beasiwa yang sukses untuk memeriksanya. Apakah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak pemberi beasiswa dan tepat secara bahasa. Perbaiki kalau masih ada kekurangan.

 

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.

 

(aisha, foto: merlinwrites.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN