Panduan Memakai BBM di Android dan iOS (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 3 Mei 2014

Panduan Memakai BBM di Android dan iOS (Bagian 2)

Simak yuk, panduan memakai aplikasi BBM di android dan iOS.

 

Belum daftar? Silakan antre

Setelah proses unduh dan instalasi selesai, pengguna sudah bisa langsung masuk ke aplikasi ini. Akan tetapi, saat ini BBM di Android dan iOS baru bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja, yaitu mereka yang sebelumnya telah mendaftar di situs BBM.com.

 

Ketika pertama kali dibuka setelah diunduh, BBM akan menampilkan laman konfirmasi e-mail terlebih dahulu. Pengguna yang sudah mendaftar di BBM.com bisa memasukkan alamat e-mail yang dipakai untuk registrasi dan langsung dikirim ke laman "Sign In".

 

Sebaliknya, pengguna yang belum mendaftar dan baru saja hendak memasukkan e-mail saat itu, akan dialihkan ke laman lain. Isinya memberi tahu agar "menunggu giliran" sebelum bisa mulai memakai BBM di iPhone dan Android.

 

Ketika giliran pengguna yang bersangkutan sudah tiba, BlackBerry akan mengirim e-mail dan pengguna diminta kembali mengonfirmasi lewat aplikasi BBM. Proses "menunggu giliran" ini tidak akan memakan waktu terlalu lama. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk proses tersebut.

 

Wajib punya BlackBerry ID

Untuk menggunakan aplikasi BBM di Android dan iPhone, pengguna harus memiliki akun BlackBerry ID. Dengan memasukkan akun ini, pengguna nantinya akan mendapatkan personal identification number (PIN) baru yang "menempel" ke akun.

 

Jika sebelumnya sudah menggunakan handphone BlackBerry dan sudah memiliki akun BlackBerry ID, kita cukup memasukkan akun tersebut saat sign in di aplikasi BBM pada perangkat Android atau iPhone. Secara otomatis, seluruh kontak BBM akan ditransfer ke BBM di perangkat Android atau iPhone.

 

Dalam kasus ini, saat login di BBM Android atau iPhone, kita akan mendapatkan PIN dan barcode baru. PIN ini akan selamanya melekat dengan akun BlackBerry ID. Jadi, tidak akan berubah selama kita menggunakan BlackBerry ID yang sama.

 

Sekadar catatan, satu BlackBerry ID hanya dapat digunakan pada satu perangkat. Jika satu BlackBerry ID digunakan pada dua perangkat, maka salah satu perangkat tidak akan bisa menggunakan BBM.

 

Setelah memasukkan BlackBerry ID, pengguna sudah bisa langsung menikmati aplikasi BBM ini. Untuk berkirim pesan teks ke orang tertentu, tinggal pilih orang yang dituju di daftar kontak. Broadcast Message pun dimungkinkan.

 

Fitur Group masih ada di aplikasi ini. Namun, anggota dari tiap Group dibatasi hingga 30 pengguna saja. Pengguna bisa menambahkan daftar teman di kontak dengan menggunakan PIN, NFC, barcode, e-mail, dan SMS.

 

Baca langkah sebelumnya dengan klik di sini.

 

(kompastekno/deliusno/tabloidnova.com, foto: computerworld.com.sg

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN